Type Keyword(s) to Search
BABY

Mengatasi Jet Lag pada Bayi

Mengatasi Jet Lag pada Bayi

Bepergian ke luar kota atau ke luar negeri bersama Si Kecil pasti sangat menyenangkan. Namun, bagaimana bila ia mengalami jet lag usai bepergian?

 

Jet lag merupakan rasa lelah yang disebabkan oleh perjalanan melintasi zona waktu yang berbeda. Rasa lelah ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja lho, karena Si Kecil juga bisa mengalami jet lag. Penyebabnya tidak hanya karena waktu tempuh yang panjang, tetapi juga karena siklus tidur dan pola makannya yang terganggu. Untuk mengatasi jet lag pada anak, ini 4 tips mudah yang bisa Moms coba:

 

1. Camilan Favorit
Si Kecil terbiasa makan dengan lahap saat di rumah, namun sesampainya di negara tujuan, ia mulai mogok makan. Jangan khawatir Moms, sediakan saja camilan kesukaannya agar kebutuhan nutrisinya tetap tercukupi. “Aku harus selalu membawa cemilan saat bepergian, bahkan untuk pergi ke mall saja aku sudah siapkan beberapa camilan favoritnya. Kalau ke luar negeri, memang harus dipersiapkan lebih banyak agar anakku enggak cranky,” ujar Nadia, ibu 1 anak berusia 13 bulan. Hindari memaksa Si Kecil makan ya Moms, karena ia masih membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.

 

2. Tetapkan Rutinitas
Atur rutinitas seperti Anda sedang berada di rumah, misalnya dengan ajak Si Kecil berjalan keliling lingkungan sekitar di pagi hari, main sebelum tidur siang, dan lain sebagainya. Melakukan rutinitas seperti yang Anda lakukan sebelumnya dapat membuat Si Kecil lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

 

3. Tetap Tenang
Ketika Anda mengajak Si Kecil untuk liburan yang melewati zona waktu yang berbeda, maka Si Kecil biasanya akan rewel. Ini dikarenakan ia masih belum terbiasa dengan tempat, suasana, bahkan suhu udara yang berbeda. Jangan panik, hadapi dengan tenang karena Si Kecil membutuhkan penyesuaian diri dalam beberapa hari. Hindari aktivitas yang berat dan mulai kenalkan dengan lingkungan barunya tersebut. Menikmati udara di luar dapat meringankan jet lag yang dirasakan Si Kecil.

 

4. Melatih Jadwal Tidur
Jet lag dapat membuat anak susah tidur atau bahkan sering terbangun di malam hari. Anda dapat memulainya dengan mengajak Si Kecil tidur lebih awal dan bangun saat matahari mulai terbit. Beri Si Kecil susu agar ia tidak merasa lapar di tengah malam.

 

Untuk membuat tidur Si Kecil lebih nyenyak saat sedang jet lag, Moms bisa mencoba 3 langkah berikut ini:

a. Mandi Air Hangat
Mengajak Si Kecil mandi selain untuk membersihkan diri dari kuman, juga bisa menjadi momen mempererat ikatan antara Anda dan si Kecil. Tidak hanya itu, kegiatan mandi juga bisa dijadikan sebagai ajang belajar bagi si Kecil untuk mengasah kemampuan sensorik dan juga motoriknya lho, Moms!

 

Ajak Si Kecil mandi air hangat menggunakan sabun mandi Johnson’s Baby Bedtime™ Bath. Air hangat serta aroma Jasmine Blossoms yang terdapat di dalamnya dapat membuat Si Kecil nyaman. Produk ini juga mengandung formula tidak pedih di mata sehingga Si Kecil terhindar dari iritasi mata karena sabun.

 


b. Massage
Riset menunjukan bahwa pijatan lembut yang diterima Si Kecil mampu memaksimalkan kecerdasannya sejak dini. Anda disarankan menjalin interaksi selama proses pemijatan berlangsung sehingga dapat mempererat ikatan antara Anda dan Si Kecil. “Pijat sebelum tidur memang ampuh membuat anakku, Jingga tidur dengan nyenyak. Saya selalu menerapkannya saat Jingga sedang mengalami sulit tidur,” ujar Emi Kurnia, ibu 1 anak berusia 7 bulan.

 

Pijat lembut badan Si Kecil menggunakan Johnson’s Baby Bedtime™ Lotion yang diperkaya dengan Natural Calm. Cara ini dapat membantu Si Kecil tidur lebih tenang, nyaman, dan nyenyak. Agar aliran darah Si Kecil lancar, pijat bagian bahu, punggung, dan kakinya ya, Moms.

 

c. Mendengarkan Musik
Setelah ritual mandi dan pijat selesai, Anda dapat mendambahkan Johnson’s Baby Bedtime™ Powder agar Si Kecil lebih nyaman. Mendengarkan lagu sebelum tidur dapat membuat Si Kecil tenang dan siap menuju tidur terbaiknya. Riset membuktikan musik pengantar tidur tidak hanya membuat Si Kecil tidur lebih cepat, tapi juga bisa tidur lebih lama.

Ingin mengetahui kualitas tidur Si Kecil? Cek di sini! ya, Moms! (Seva/TW/Dok. Johnsons)


Webtorial ini didukung oleh JOHNSON’S®