Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Olahraga Intensitas Moderat Pasca-melahirkan

Olahraga Intensitas Moderat Pasca-melahirkan

Banyak Moms bertanya, kapan saat yang tepat untuk berolahraga lagi pasca-melahirkan? Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, bila Anda menjalani kehamilan sehat dan persalinan normal, maka Anda bisa segera memulai olahraga setelah melahirkan. Biasanya, waktu yang aman untuk memulainya adalah beberapa hari setelah persalinan atau ketika Moms sudah merasa siap. 

 

Namun bila menjalani persalinan Caesar atau ada komplikasi saat melahirkan, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kapan waktu yang tepat dan aman untuk mulai berolahraga. 

 

Saat pertama kali berolahraga, disarankan melakukan latihan sederhana yang membantu memperkuat kelompok otot utama seperti otot perut dan punggung. Secara perlahan-lahan baru tambahkan olahraga intensitas moderat. Rekomendasinya, melakukan aktivitas aerobik intensitas moderat setidaknya 150 menit setiap minggu. 

 

Aktivitas moderat ini berarti Moms melakukan gerakan yang dapat menaikkan denyut jantung dan membuat tubuh berkeringat. Contoh dari aktivitas aerobik intensitas moderat adalah jalan cepat maupun bersepeda. Jalan kaki merupakan cara yang baik memulai olahraga untuk mengembalikan bentuk tubuh. 

 

Waktu 150 menit per minggu itu bisa dibagi menjadi 30 menit berolahraga selama 5 hari dalam seminggu. Bisa juga dengan membagi waktu 30 menit tersebut masing-masing menjadi 10 menit dalam satu hari. Misalnya saja, Anda bisa melakukan jalan kaki selama 10 menit sebanyak 3 kali dalam sehari. 

 

Jika sebelum hamil Moms terbiasa melakukan olahraga keras atau merupakan atlet kompetisi, dapat melakukan latihan dengan intensitas keras. Tetapi bila terasa sakit atau nyeri pada anggota tubuh, hentikan olahraganya. 

 

Sebagai saran, sebelum berolahraga, susui dulu Si Kecil atau perah ASI untuk menghindari ketidaknyamanan yang dapat muncul akibat payudara membengkak. Selain itu, gunakan bra yang pas dan bisa menyokong payudara dengan baik. Selamat berolahraga Moms! (Dee/Dok. Freedigitalphotos)