Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Diabetes yang Hanya Muncul pada Ibu Hamil

Diabetes yang Hanya Muncul pada Ibu Hamil

 

Untuk para ibu hamil, waspadalah terhadap diabetes gestasional. Diabetes ini adalah tipe diabetes yang hanya muncul pada ibu hamil.

 

“Saat ini cukup banyak terjadi diabetes gestasional. Oleh karena itu, sudah menjadi SOP (standard operation procedure) bagi ibu hamil untuk memeriksa gula darah sejak trimester awal,” jelas Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp.PD-KEMD, FACE, yang ditemui pada talkshow MSD dengan tema Eyes On Diabetes: Hidup Sehat Dengan Diabetes, Kamis (17/11), di Jakarta.

 

Baca: Mengenal Diabetes Gestasional

 

Selain  itu, penderita diabetes gestasional hampir tidak memiliki gejala. Sehingga penting bagi Anda untuk memeriksa gula darah saat hamil.

 

Dikutip dari Babycenter.com, pada dasarnya semua wanita berisiko terkena diabetes gestasional, terlepas memiliki sejarah dan keturunan diabetes atau tidak. Namun, ada beberapa ibu hamil yang lebih rentan. Berikut beberapa kondisi yang membuat risiko Anda terkena penyakit ini lebih besar.

 

  • Wanita yang mengalami obesitas.
  • Wanita yang menderita polycystic ovarian syndrome (PCOS).
  • Wanita yang melahirkan bayi dengan berat badan berlebih.
  • Memiliki kondisi medis yang berisiko diabetes, seperti intoleransi glukosa.

 

Penanganan diabetes pada tiap ibu hamil tentu berbeda. Pada beberapa kasus, ibu hamil perlu suntikan insulin.

 

Baca: Mengatasi Diabetes saat Hamil (Bagian 1)

 

Untungnya, kondisi diabetes gestasional tidak permanen, Moms. Pada umumnya, gula darah akan kembali normal setelah melahirkan. “Tapi, risiko wanita tersebut menderita diabetes nantinya akan lebih besar,” jela dr. Sidartawan. (Nadia/TW/Dok. Pixabay.com)