Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Efek Menggunakan Smartphone di Dekat Anak

Efek Menggunakan Smartphone di Dekat Anak

 

Moms, pernahkah Anda mengecek smartphone Anda ketika sedang menjaga Si Kecil? Mungkin Anda melihat e-mail yang masuk atau sekadar melihat timeline lewat ponsel. Hal itu mungkin terkesan sepele, namun tahukah Anda bahwa kegiatan itu berefek negatif pada anak?

 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Developmental & Behavioral Pediatrics, mengungkapkan bahwa menggunakan ponsel di sekitar anak–anak dapat meningkatkan jumlah konflik dan ketegangan di dalam rumah. Hal ini disebabkan karena perbedaan antara kehidupan kantor, sosial, dan rumah menjadi tidak jelas. Sehingga Anda akan merasa berada di banyak posisi, sambil menjadi orang tua.

 

Para peneliti mewawancarai 35 orang tua tentang kegiatan multitasking menggunakan smartphone dan mengurus anak. Hasilnya, banyak yang merasa hal itu mengganggu rutinitas keluarga mereka. Tidak hanya itu, partisipan juga mengakui bahwa mereka merespons Si Kecil dengan negatif setelah membaca berita buruk atau e-mail yang berhubungan dengan pekerjaan. Anak–anak juga dibentak ketika mencoba mengalihkan perhatian orang tua dari smartphone.

 

Namun, beberapa orang tua mengakui bahwa smartphone memberikan mereka kesempatan untuk “melarikan dirr” sejenak dari kebosanan dan rasa stres dalam mengurus anak, sekaligus menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.

 

“Orang tua berusaha untuk menyeimbangkan waktu keluarga dan keinginan untuk bisa bekerja dari rumah dengan bantuan teknologi. Ini hal yang sulit dilakukan baik bagi otak ayah atau ibu, karena batasan–batasannya semakin tidak jelas,” ujar Janney Radesky, M.D, dokter anak di Mott Children's Hospital.

 

Jenny menambahkan bahwa sebagai orang tua, Anda tidak harus selalu ada 100 persen untuk anak. “Penting juga bagi Anda untuk mengajarinya mandiri.” Jika Anda merasa kewalahan karena terlalu banyak hal yang harus dilakukan, ini tanda untuk memberi batasan yang jelas. Bagaiamana ya caranya? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Meluangkan 1 hari untuk keluarga tanpa dibatasi waktu untuk kegiatan lain.
  • Jauhkan samrtphone agar tidak tergoda untuk sering melihatnya.
  • Kerjakan hal yang paling membuat Anda stres saat anak sedang tidur atau tidak rewel. (Nadia/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)