Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Gangliosida Mencetak Bayi Cerdas

Gangliosida Mencetak Bayi Cerdas
bayi cerdas

Anda ingin Si Kecil tumbuh cerdas? Berikanlah ia makanan yang kaya akan gangliosida dan banyak terkandung dalam ASI, susu, daging, dan telur. Gangliosida merupakan glycosphingolipids kompleks (sejenis lemak atau minyak), yang terdapat dalam ASI dan juga lemak susu (lipida kompleks).

 

Menurut Dr. Paul McJarrow, PhD, salah satu peneliti senior dari Palmerston North, Selandia Baru, gangliosida dalam asam sialat dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan, migrasi, dan pematangan sel-sel saraf otak, serta pembentukan sinapsis (hubungan antara sel saraf). Kelompok asam lemak kompleks sialat, yang terdiri dari komponen gula ini juga dapat membantu proses transmisi sinyal sinapsis, pembentukan struktur otak, dan penyimpanan informasi.

 

Untuk mendapatkan asupan gizi yang maksimal, semua bumil juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gangliosida. Mereka pun dapat mengonsumsi nutrisi tambahan lainnya, seperti protein, kolin, AA-DHA, yodium, asam folat, dan vitamin untuk lebih menyempurnakan perkembangan otak janin di dalam kandungan.

 

Namun selain nutrisi, stimulasi juga sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan Si Kecil. Stimulasi dapat dilakukan dengan memberikan beberapa stimulus, seperti rangsangan suara, gerakan, dan gambar pada saat bermain, makan, mandi, serta berbagai aktivitas lainnya. (Aulia/DC/dok. M&B)