Type Keyword(s) to Search
BABY

Yuk, Intip Menu MPASI dari Berbagai Negara di Dunia!

Yuk, Intip Menu MPASI dari Berbagai Negara di Dunia!

Biasanya para ibu di Indonesia memberikan MPASI berupa bubur beras merah, bubur beras putih dicampur ASI, dan buah-buahan untuk bayi mereka. Kira-kira kalau di negara lain, MPASI untuk bayi dari jenis makanan apa ya? Penasaran, Moms? Yuk, cari tahu di sini!

 

Jepang
Para ibu di Jepang umumnya memberikan MPASI berupa bubur yang disebut okayu, setelah itu puree wortel atau labu. Saat bayi menginjak usia 1 tahun, mereka mengenalkan sup miso, salah satu makanan khas Jepang.

 

Meksiko
Seperti negara-negara di Amerika Latin lainnya, MPASI bayi-bayi di Meksiko antara lain sup, tortilla, kacang-kacangan, dan buah-buahan seperti avokad dan pepaya.

 

Vietnam
Makanan padat pertama bayi-bayi di Vietnam berupa bubur yang dicampur dengan air atau kaldu ayam. Pada tahap kedua baru ditambahkan sayuran seperti wortel.

 

Swedia
Bayi diberikan välling yang terbuat dari gandum. Jenis makanan ini mirip oatmeal dan lebih kental daripada formula. Välling diberikan kepada bayi melalui botol.

 

Peru
Di Peru bayi diberikan granadilla atau markisa manis tanpa biji. Granadilla baik untuk bayi karena kaya serat dan mineral seperti fosfor, zat besi dan kalsium.

 

India
MPASI ideal untuk bayi berusia di atas 6 bulan di India adalah Khichdi atau dal khichdi  yang dibuat dari lentil, beras, minyak samin (ghee), dan taburan kunyit. Untuk bayi Hindu, makanan pertamanya berupa puding nasi yang diberikan pada upacara Annaprashan.

 

Hawai
Makanan pertama bayi adalah bubur talas  yang disebut poi. Makanan ini dibuat dengan melumatkan talas hingga lembut dengan ditambahkan air. Poi ini baik karena hypoallergenic dan rendah gula.

 

Filipina
Ibu di Filipina memberikan lugaw, yang terbuat dari makanan semi padat, dimasak dengan kaldu ayam, jahe dan bawang putih. Lugaw diberikan kepada bayi karena mudah dicerna.


Italia
Para ibu di Italia membuat puree sayuran dan kaldu, basanya wortel dan courgette. Daging-dagingan diberikan di usia 6 bulan dan seterusnya. (Meiskhe/HH/Dok. M&B UK)