Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Kacang Hijau, Si Kecil Kaya Manfaat

Kacang Hijau, Si Kecil Kaya Manfaat
Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan salah satu bahan pangan favorit banyak orang, karena rasanya yang khas dan mudah diolah dengan bahan makanan lain.

Selain menjadi bahan pangan, kacang hijau juga memiliki kecukupan gizi dengan berbagai manfaat yang, antara lain:

1. Menurunkan kolesterol LDL darah
Kacang hijau banyak mengandung serat yang mudah larut, yang baik bagi pencernaan dan organ penting tubuh. Serat mudah larut terkenal dapat menurunkan kadar kolesterol LDL, dengan menyerap kelebihan kolesterol LDL dalam darah. Satu cangkir kacang hijau mengandung 1,9 gram dari total jumlah serat mudah larut yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

2. Mencegah kanker
Kacang hijau mengandung zat antioksidan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, termasuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker atau tumor.

3. Suplai estrogen alami
Kacang hijau mengandung isoflavon, yang erat kaitannya dengan aktivitas hormonal. Isoflavon adalah kelompok phytoestrogen, zat yang membantu menyuplai estrogen alami. Hasil penelitian mengungkapkan, konsumsi senyawa phytoestrogen selama 12 minggu, dapat meredakan rasa sakit yang sering menghampiri wanita yang sedang dalam tahap pra-menopause. Sedangkan mengonsumsi phytoestrogen sekitar 90 mg per hari, dapat mencegah osteoporosis pasca-menopause.

4. Aman untuk diabetes
Kacang hijau merupakan bahan pangan dengan indeks glikemik rendah, yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

5. Asupan protein nabati
Secangkir kacang hijau mengandung sekitar 3,16 gram protein. Kacang hijau merupakan sumber protein nabati, dengan kadar lemak jenuh dan kolesterol yang jauh sangat kecil dibanding dengan daging tertentu. (anggita/freedigitalphotos.net)