Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

4 Tips Jitu agar Hemat dan Bijak Belanja Bulanan

4 Tips Jitu agar Hemat dan Bijak Belanja Bulanan

Moms, ketika pergi ke supermarket Anda mulai mencari-cari barang dalam daftar belanja seperti kebutuhan anak, sembako, perlengkapan pembersih rumah, belum lagi peralatan mandi. Wah, tanpa disadari ternyata banyak juga kebutuhan rumah tangga yang perlu dibeli untuk sebulan. Nah, agar biaya belanja tidak membengkak, ikuti tip hemat dan bijak belanja bulanan berikut ini.

 


1. Catat dan bandingkan harga
Beberapa supermarket memasang harga yang berbeda untuk produk yang sama.  Saat pergi belanja, jangan lupa untuk selalu mencatat harganya ya. Moms bisa melihat catatan perbandingan ini untuk mendapatkan harga terbaik di bulan selanjutnya.

 

2. Cek katalog dan promo
Sebelum belanja, sempatkan untuk melirik katalog promo terlebih dahulu. Banyak supermarket yang memberikan diskon dari 10 – 50 persen. Bayangkan seberapa banyak yang dapat dihemat, jika ternyata beberapa kebutuhan keluarga termasuk di dalamnya.

 

3. Buat daftar belanja
Selain untuk mengingat bahan dan barang yang perlu dibeli, daftar ini juga berfungsi untuk mencegah pemborosan. Tanpa daftar belanja, Moms akan mudah tergoda untuk membeli barang yang kurang dibutuhkan. Sebaiknya urutkan sesuai dengan prioritas kebutuhan keluarga saat membuat daftarnya.

 

4. Stok Barang
Harga barang kebutuhan utama sedang diskon besar-besaran? Tidak ada salahnya membeli dalam jumlah lebih banyak. Anda dapat menyimpan persediaan barang ini, untuk digunakan pada bulan berikutnya. Cara ini ampuh untuk menghemat biaya belanja ke depan, selama totalnya tidak jauh melebihi anggaran bulanan.

Selamat berbelanja, Moms! (ClaudiaCarla/Meiskhe/HH/dok.Freepik)