Type Keyword(s) to Search
TODDLER

6 Perlengkapan MPASI yang Wajib Anda Miliki

6 Perlengkapan MPASI yang Wajib Anda Miliki

Memasuki usia 6 bulan, saatnya Si Kecil berkenalan dengan makanan semi padat alias MPASI (Makanan Pendamping ASI). Artinya, Anda harus mulai menyiapkan berbagai peralatan untuk MPASI ini.

Nah, berikut beberapa daftar peralatan MPASI yang wajib Anda miliki:


1. High Chair atau Booster Seat

Usahakan agar Si Kecil selalu duduk saat Anda memberinya MPASI. Hal ini penting supaya ia terbiasa disiplin saat makan. Ada beberapa produk yang dapat Anda pilih seperti high chair atau booster seat untuk Si Kecil.


2. Baby Bib (Celemek)

Agar baju Si Kecil tidak kotor atau basah saat menikmati MPASI, sediakan baby bib atau celemek. Ada berbagai baby bib yang dapat dipilih, dari yang berbahan silikon sehingga mudah dibersihkan, berbahan kain hingga disposable bib yang cocok untuk traveling.


3. Peralatan Makan

Pilihlah peralatan makan seperti piring, mangkuk dan gelas yang dapat menarik perhatian Si Kecil, baik warna atau gambarnya. Pastikan peralatan tersebut BPA free ya, Moms!


4. Baby Food Maker

Baby food maker dapat menjadi pilihan untuk membantu Anda membuat MPASI yang lezat dan sehat untuk Si Kecil. Hanya dengan 1 alat, Anda dapat memblender, mengukus, mencairkan makanan beku, dan menghangatkan dalam waktu singkat.


5. Perlengkapan Dasar

Meski Anda memiliki banyak waktu untuk menyiapkan MPASI Si Kecil, seperti mengukus atau melumatkan secara manual, Anda tetap memerlukan perlengkapan dasar seperti perasan jeruk, penumbuk, dan penyaring makanan.


6. Kotak Penyimpanan

Anda membutuhkan kotak penyimpanan jika ingin membuat stok MPASI untuk beberapa hari ke depan. Dengan begitu, Anda hanya perlu membekukannya di freezer dan menghangatkannya saat dibutuhkan. (Seva/HH/Dok. M&B UK)