Type Keyword(s) to Search
TODDLER

4 Cara Mengajarkan Keterampilan Berteman pada Anak

4 Cara Mengajarkan Keterampilan Berteman pada Anak

Tak seorang manusia pun yang bisa hidup tanpa orang lain. Karena itulah, manusia disebut makhluk sosial. Nah, Moms perlu mengajari Si Kecil bersosialisasi. Dalam hal ini, bagaimana cara anak berteman atau bergaul dengan orang lain sejak kecil. Ini akan bermanfaat untuk mengasah kemampun sosial dan emosi anak. Dengan cinta dan persahabatan, anak akan semakin merasa aman ketika berada di luar rumah. Lalu bagaimana mengembangkan kemampuannya ini? Yuk, simak di sini!

1) Jadilah teladan

Tunjukkan kepada anak bagaimana Anda merasa bahagia karena dikelilingi oleh teman-teman yang baik dan hargailah mereka. Saat keluar rumah, senyum dan sapalah orang-orang yang Anda kenal.

 

2) Ajarkan empati

Cobalah mengajarkan anak tentang empati karena sangat penting dalam pertemanan. Sebagai tahap awal, ajak anak mengobrol tentang perasaannya sendiri, seperti senang, sedih, takut ataupun kecewa. Perasaan seperti itu juga dirasakan oleh orang lain. Gunakanlah karakter dalam film ataupun buku untuk mengajarkannya tentang label perasaannya itu. Setelah memahaminya, anak akan bisa lebih berempati saat bergaul dengan teman-temannya.

 

3) Playdate

Sering-seringlah mengajak anak untuk bermain bersama dengan anak sahabat atau tetangga. Lewat praktek langsung itu, maka anak akan bisa belajar secara perlahan bagaimana cara bergaul dengan orang lain. Ajarkan anak untuk menyapa temannya lebih dulu, kontak mata dan tersenyum, terutama kalau baru pertama kali bertemu.

 

4) Awasi anak selalu

Duduklah di dekat anak yang sedang asyik bermain dengan temannya. Dengan duduk di dekatnya, Anda bisa lebih mudah memantaunya setiap saat. Ingatkan anak untuk berbagi giliran bermain. Jika mereka berebut mainan, Anda bisa dengan cepat melerainya. (Meiskhe/HH/HuffingtonPost)