Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Superfood Kunci Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Superfood Kunci Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menunjukkan, kesadaran masyarakat Indonesia untuk pola hidup sehat semakin meningkat. Namun,  riset yang sama menyatakan bahwa sebanyak 26,1% masyarakat Indonesia masih kurang melakukan aktivitas fisik; sebanyak 93,5% masih tergolong kurang makan sayur dan buah; 53,1% gemar makanan dan minuman manis; sementara 40,7% masih kerap mengonsumsi makanan berlemak.

 

Terkait hal tersebut, Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK., mengatakan, orientasi masyarakat Indonesia dalam mewujudkan hidup sehat umumnya masih terbatas pada kegiatan olahraga dan diet yang tujuan utamanya untuk menurunkan berat badan. Sementara, mereka kurang pengetahuan akan pentingnya gizi seimbang dalam diet sehat yang benar. "Padahal asupan nutrisi yang berimbang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah timbulnya penyakit," papar Dr. Samuel dalam talkshow yang diselenggarakan oleh Herbilogy.

 

Sebagian orang melakukan diet yang tidak sehat hanya untuk menurunkan berat badan. Padahal, agar tubuh sehat dan bugar, seseorang harus makan dengan kandungan gizi seimbang. Selain itu, cukup istirahat, berpikir dan beraktivitas sehat juga memengaruhi kesehatan tubuh. "Berpikir sehat dapat dicapai dengan mengelola stres, sedangkan aktivitas sehat yang dimaksud adalah dengan berolahraga sewajarnya."

 

Lebih lanjut, dr. Samuel menjelaskan bahwa untuk pemenuhan gizi seimbang, seseorang perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan setiap individu, tanpa meninggalkan aktivitas fisiknya. Namun sangat disayangkan, kesibukan dan tingkat stres yang cukup tinggi yang dialami oleh penduduk urban, telah memicu pergeseran pola penyakit katastropik dan penyakit degeneratif seperti ginjal, diabetes, jantung, hipertensi dan sebagainya.

 

Untuk itu, dr. Samuel sangat menganjurkan konsumsi makanan dari bahan-bahan alami dan tambahan superfood. Superfood merupakan makanan tambahan yang terdapat dalam makanan sehari-hari, seperti kulit delima, ikan, daun katuk, sayuran dan lain-lain. Kelompok makanan super ini dapat menjadi makanan pelengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi maupun zat aktif harian yang baik untuk tubuh dan dapat memberikan berbagai manfaat seperti mencegah penyakit tertentu, mendukung vitalitas dan kesehatan, kecantikan hingga meningkatkan kualitas otak.

 

Bagi yang memiliki aktivitas dengan intensitas tinggi, suplemen dalam bentuk ekstraksi dari superfood dapat menjadi solusi yang baik untuk kesehatan. Namun, dr. samuel mengingatkan untuk tidak sembarang memilih suplemen. Sebaiknya pilih yang mengandung bahan organik, bebas bahan kimia dan pestisida seperti ekstrak superfood dari Herbilogy. (Claudia Carla/HH/Dok. M&B)