Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

4 Cara Cermat untuk Menghemat Belanja Bulanan

4 Cara Cermat untuk Menghemat Belanja Bulanan

Liburan telah usai, saatnya menghitung pengeluaran yang mungkin melebihi budget awal. Jika iya, maka Moms harus mulai menghemat biaya belanja bulanan untuk menyiasati hal tersebut. Berikut beberapa tip untuk menjaga biaya belanja bulanan agar tidak membengkak dan bisa Moms ikuti, nih.

 

1. Catat dan bandingkan harga
Beberapa supermarket memasang harga yang berbeda untuk produk yang sama. Saat pergi belanja, jangan lupa untuk mencatat harganya! Moms bisa melihat lagi catatan perbandingan ini untuk mendapatkan harga terbaik di bulan selanjutnya.

 

2. Cek katalog dan promo

Sebelum belanja, sempatkan untuk melirik katalog promo. Banyak supermarket yang memberikan diskon mulai dari 10-50 persen. Bayangkan berapa banyak yang dapat Moms hemat, apalagi jika ternyata beberapa kebutuhan untuk Si Kecil dan keluarga termasuk di dalamnya!

 

3. Buat daftar belanja

Selain untuk mengingat bahan dan barang yang perlu dibeli, daftar ini juga berfungsi untuk mencegah pemborosan. Tanpa daftar belanja, Moms akan mudah tergoda untuk membeli barang yang kurang dibutuhkan. Sebaiknya urutkan sesuai dengan prioritas kebutuhan keluarga saat membantu daftarnya!

 

4. Stok barang

Harga barang kebutuhan utama sedang diskon besar-besaran? Tidak ada salahnya membeli dalam jumlah lebih banyak! Anda dapat menyimpan persediaan barang ini untuk digunakan pada bulan berikutnya. Cara ini ampuh untuk menghemat biaya belanja di bulan depan, selama totalnya tidak jauh melebihi anggaran bulanan ya, Moms. (Claudia Carla Sonia Septiara/Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)