Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Mengajari Si Kecil Berbicara

Mengajari Si Kecil Berbicara
ajak anak bicara

Belajar bicara merupakan salah satu tahapan terpenting dari tumbuh-kembang Si Kecil. Itu pula yang menyebabkan sebagian besar orang tua merasa sangat cemas, jika anaknya mengalami terlambat bicara. Sebenarnya, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu Si Kecil mengembangkan kemampuan bicaranya. Namun perlu disadari bahwa ia akan belajar lebih banyak lewat kegiatan bicara dan bermainnya, bukan dari sajian  program TV.

 

Ajaklah ia melakukan permainan yang mengeluarkan suara, seperti memintanya mengikuti Anda menirukan suara hewan. Selain itu, kegiatan sehari-hari, seperti mandi dan berjalan-jalan ke taman, bisa menjadi topik Anda komentari, karena semuanya kaya akan bahasa. Bagi anak yang masih sangat kecil, belajar bicara dapat dirangsang dengan mengomentari gambar-gambar lucu yang menarik perhatiannya. Lagu anak-anak, seperti “Kepala, Pundak, Lutut, Kaki” juga dapat memperkaya perbendaharaan kata Si Kecil.

 

Saat mengajari anak berbicara melalui permainan, sebaiknya matikan televisi atau radio. Bicaralah dengan perlahan dan jelas sambil menatap langsung ke matanya. Gunakan pula kalimat-kalimat sederhana, berikan penekanan pada kata-kata kunci. Selain itu, gunakan gerakan untuk membantunya memahami kalimat yang Anda ajarkan. Beri Si Kecil waktu untuk merespon, karena mungkin ia membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan proses berpikirnya. (Aulia/DC/dok.M&B)