Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ini Tanda-tanda Penyakit Lupus yang Harus Diwaspadai

Ini Tanda-tanda Penyakit Lupus yang Harus Diwaspadai

Penyakit lupus (Systemic Lupus Erythematosus) punya tanda-tanda yang bisa diidentifikasi. Berikut tanda-tanda yang bisa Anda jadikan pegangan:

- Secara klinis, sebanyak 70% penderita lupus memiliki beberapa gejala kulit. Tiga kategori utama lesi adalah lupus kutaneous kronis (diskoid), lupus kutaneous subakut, dan lupus kutaneous akut.

- Orang dengan lupus diskoid mungkin menunjukkan bercak-bercak bersisik merah tebal pada kulit. Demikian pula lupus kulit subakut yang berwujud bercak merah bersisik, namun dengan sisi yang berbeda.

- Sementara lupus kutaneous akut berwujud ruam. Beberapa memiliki ruam malar klasik (atau ruam kupu-kupu) yang terkait dengan penyakit ini. Ruam ini terjadi pada 30 sampai 60% orang dengan SLE. Rambut rontok, mulut dan bisul hidung, dan lesi pada kulit merupakan manifestasi lain yang mungkin terjadi.

Namun, tak hanya itu saja tanda dari orang yang menderita penyakit lupus. Apa saja itu? Berikut penjelasan dari Iris Rengganis, Ketua Divisi Alergi lmunologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM:

Otot dan tulang

Gejala yang umum selain ruam ialah nyeri sendi (lupus arthritis). Umumnya orang yang menderita penyakit lupus akan merasakan nyeri sendi di tangan dan pergelangan tangan. Dan lebih dari 90 persen dari mereka yang terkena dampak akan mengalami nyeri sendi atau otot pada suatu waktu selama perjalanan penyakit mereka.

Namun, tidak seperti rheumatoid arthritis, lupus arthritis kurang melumpuhkan dan biasanya tidak menyebabkan kerusakan sendi yang parah. Kurang dari sepuluh persen penderita radang lupus akan mengalami kelainan pada tangan dan kaki. Orang dengan SLE berisiko terkena tuberkulosis osteoartikular.

Darah

Anemia sering terjadi pada anak-anak dengan SLE dan berkembang pada sekitar 50% kasus. Low platelet dan sel darah putih jumlah mungkin karena penyakit atau efek samping pengobatan farmakologis.

Jantung

SLE dapat menyebabkan perikarditis (pembengkakan lapisan luar yang mengelilingi jantung), miokarditis (pembengkakan otot jantung), dan atau endokarditis (radang pada lapisan dalam jantung. Endokarditis SLE tidak menular)

Paru-paru

Peradangan pada pleurae yang dikenal sebagai pleurisy jarang dapat menyebabkan sindrom paru yang menyusut. SLE dapat menyebabkan nyeri pleuritik dan juga menyebabkan sindrom paru mengecil, yang melibatkan penurunan volume paru-paru. Kondisi paru-paru terkait lainnya termasuk pneumonitis, menyebar kronis penyakit interstitial paru, hipertensi pulmonal, emboli paru, dan perdarahan paru.

Ginjal

Suntikan darah atau protein dalam urine seringkali merupakan satu-satunya tanda adanya masalah pada ginjal. Kerusakan ginjal akut atau kronis dapat terjadi dengan nefritis lupus, yang menyebabkan gagal ginjal akut atau tahap akhir. Karena pengenalan awal dan pengelolaan SLE, gagal ginjal tahap akhir terjadi pada kurang dari 5% kasus; kecuali pada populasi kulit hitam, di mana risikonya berkali-kali lebih tinggi.

Neuropsikiatri

Sindrom neuropsikiatrik dapat terjadi bila SLE memengaruhi sistem saraf pusat atau perifer. Diagnosis sindrom neuropsikiatri bersamaan dengan SLE, adalah salah satu tantangan paling sulit dalam pengobatan. Itu karena diagnosis sindrom neuropsikiatri dapat melibatkan begitu banyak pola gejala yang berbeda. Tapi, secara umum dirasakan dengan sakit kepala yang intens.

Di sampingi tu, tanda dari neuropsikiatrik linnya meliputi sakit kepala, disfungsi kognitif, gangguan mood, penyakit serebrovaskular, kejang polineuropati, gangguan kecemasan, psikosis, depresi, dan dalam beberapa kasus ekstrim, gangguan kepribadian.

Reproduksi

SLE menyebabkan peningkatan tingkat kematian janin dalam rahim dan aborsi spontan (keguguran). Tingkat kelahiran secara keseluruhan pada orang dengan SLE diperkirakan 72 persen. (Qalbinur Nawawi/Dok. Freepik)