Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Manfaat Ikan Salmon yang Wajib Anda Ketahui

5 Manfaat Ikan Salmon yang Wajib Anda Ketahui

Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang sehat dan memiliki segudang manfaat bagi penikmatnya. Selain rasanya yang sedap, kandungan di dalamnya juga bermanfaat untuk tubuh Anda. Lalu, apa saja kandungan tersebut dan manfaat yang bisa didapat dari ikan salmon ini?

Salmon sendiri memiliki kandungan protein yang tinggi dibanding ikan lainnya. Mineral dan vitamin dalam ikan salmon juga tergolong lengkap. Karenanya, ikan satu ini baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan bayi yang telah lepas ASI.

Dalam salmon, terdapat mineral penting seperti kalium, selenium, dan vitamin B-12. Kandungan lain yang dianggap paling berguna dalam ikan salmon adalah asam lemak omega-3. Zat terakhir adalah asam lemak esensial alami dalam salmon, yaitu dalam bentuk asam eikosapentatonik (EPA) dan asam dokosaheksanoik (DHA).

Dari berbagai kandungan ini, tentu memiliki manfaat yang bisa Anda dan keluarga dapat, seperti berikut ini:


1. Mencegah penyakit

Salmon memang dikenal mampu membuat tubuh menjadi lebih kuat melawan berbagai penyakit. Mulai dari masalah pencernaan karena adanya asam amino sebagai penangkal, hingga penyakit mematikan seperti kardiovaskular, radang sendi, dan diabetes.


2. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan omega-3 dalam salmon terbukti meningkatkan kerja dan fungsi otak. Selain untuk kecerdasan Si Kecil, omega-3 juga mengurangi risiko demensia dan alzheimer ketika sudah lanjut usia. Daya ingat akan semakin kuat dan lebih konsentrasi dalam melakukan kegiatan.


3. Pencegahan kanker

Vitamin D dan antioksidan dalam salmon telah terbukti memiliki peran penting dalam menurunkan risiko kanker, seperti jenis kanker payudara, prostat, dan kanker kolorektal. Omega-3 yang sesuai kebutuhan tubuh juga mampu melawan sel darah atau kelenjar getah sel akibat kanker, seperti leukemia, multiple myeloma, dan non-Hodgkins limfoma.


4. Baik untuk janin

Manfaat antioksidan dan salmon juga berguna bagi ibu dan janin untuk menjaga kehamilan tetap sehat sampai proses melahirkan. Protein dan vitamin di dalam ikan salmon juga berperan baik dalam pertumbuhan otot janin.


5. Menjaga tubuh ideal

Karena kandungan protein yang banyak, membantu Anda menjaga tubuh tetap ideal. Kandungan lemak jenuh yang sedikit juga membantu dalam proses menurunkan berat badan secara sehat. Mengonsumsi ikan salmon secara teratur juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga mengurangi adanya tumpukan lemak. (Vonia Lucky/MA/Dok. Freepik)