Type Keyword(s) to Search
TODDLER

5 Cara agar Anak Berani

5 Cara agar Anak Berani

Moms pasti ingin Si Kecil tumbuh menjadi anak yang berani. Namun, keberanian yang dimiliki Si Kecil kadang tidak bisa diduga. Pada dasarnya anak memang butuh penyaluran untuk mengeksplorasi dunianya dan mengekspresikannya. Langkah-langkah berikut dapat Anda lakukan untuk mendorong naluri bertualang dan kepercayaan diri Si Kecil.

 

1. Jadikan diri Anda sebagai tempat berlindung

Ketika Si Kecil merasa ragu untuk mencoba, beri ia waktu. Biarkan ia mencari tempat aman dengan berada di dekat Anda.

 

2. Tanamkan hati nurani

Si Kecil akan mulai belajar membedakan yang salah dan benar. Ajarkan bahwa Si Kecil perlu berpegang teguh pada hal-hal benar yang ia percaya, karena ia butuh keberanian agar tidak ragu membela yang benar.

 

3. Berikan contoh

Si Kecil adalah peniru yang ulung. Jadilah sosok yang berani dan tunjukkan pada Si Kecil bagaimana mengatasi rasa takut.

 

4. Dukung kebutuhannya

Terkadang Si Kecil ingin melakukan sesuatu, tapi belum memiliki keberanian. Beri dukungan Anda dengan mengetahui dan menyediakan kebutuhannya untuk dapat memberanikan diri.

 

5. Tunjukkan rasa bangga Anda

Setiap kali Si Kecil melakukan sesuatu yang positif, tunjukkan rasa bangga Anda terhadapnya dengan memberikan pujian, sehingga ia lebih berani dan percaya diri. (Rosdiana Setyaningrum/GAP/MA/Dok. Freepik)