Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Cara Agar Si Kecil Berani Disuntik

8 Cara Agar Si Kecil Berani Disuntik

Hampir semua anak takut dengan jarum suntik bahkan saat baru mendengar namanya saja. Tak jarang ia menangis ketakutan dan menolak tiap kali harus disuntik. Meski terkadang ada perasaan tak tega, namun keadaan mengharuskan Si Kecil untuk disuntik dengan alasan kesehatannya. Berikut ini merupakan tips untuk Moms agar Si Kecil mau disuntik.

 

1. Jujur

Orangtua memiliki peran penting untuk meredam perasaan takut ketika anak ingin disuntik. Jika anak bertanya apakah mereka akan sakit, Moms disarankan untuk tidak berbohong . Ingat anak-anak akan belajar berbohong dari Anda dan Anda bisa kehilangan kepercayaan mereka. Sebaiknya, jawablah dengan jujur dan sederhana. Anda bisa mengatakan, " Iya sakit tapi sebentar saja kok nak."

 

 

2. Cegah Rasa Sakit

Dikutip dari parents.com, beberapa ahli menyarankan agar Anda memberikan krim anestesi pada daerah tubuh yang akan disuntik sebelum pemberian injeksi, ini akan membantu meredam rasa sakit pada kulit Si Kecil. Tanyakan kepada dokter merek apa yang ia rekomendasikan.

 

3. Tawarkan Hadiah

Salah satu yang bisa Moms lakukan untuk meredam perasaab takut Si Kecil adalah dengan menawarkan hadiah menarik yang akan Anda berikan untuknya. MIsalnya, Anda dapar menawarkan es krim, mainan baru, atau janji akan mengajaknya bermain ke playground kesukaannya.

 

4. Ajak Bermain

Selama vaksinasi, bantulah SI Kecil untuk tak terlalu berfokus dengan perasaan sakit yang akan ia rasakan. Anda dapat membuat wajah lucu, menceritakan hal yang menyenangkan, atau sekedar menyanyikan lagu kesukaannya.

 

5. Jangan Bicara Soal Proses Injeksi

Membicarakan soal proses imunisaasi atau proses disuntik sepanjang perjalan ke dokter adalah hal yang sangat buruk. ini akan membuat anak justru akan merasakan stres. Anda tidak perlu dramatis dengan terus menceritakan apa saja yang akan Si Kecil lalui ketika akan diimunisasi.

 

6. Tahu Kapan Harus Pergi

Jika Si Kecil masih histeris, mungkin lebih baik Anda mengundurkan diri dari dan membiarkan perawat atau dokter mengambil alih. Anak-anak kadang akan bereaksi berlebihan, jika mereka merasa dengan menunjukan reaksi tersebut orangtua akan menghentikan proses imunisasi.

 

7. Tetap Tenang

Banyak orangtua yang juga memiliki ketakutan saat anaknya akan disuntik. perasaan takut yang dirasakan oleh orangtua justru akan membuat situasi semakin buruk bagi anak-anak. "Dalam keaadaan ini, rasa cemas pada orangtua pasti akan meningkat. Harusnya, orangtua tetap tenang," kata Zak Zarbock, MD, seorang dokter anak dalam praktik pribadi dengan keluarga Pediatri Pertama di Jordan Selatan, Utah.

 

 

8. Jadwalkan Imunisasi di Pagi Hari

JIka anak-anak Anda takut dengan suntikan, sebaiknya buat jadwal sepagi mungkin. Keuntungan lain melakukan penjadwalan pada pagi hari adalah Anda akan memiliki banyak waktu mengatasi rasa sakit Si Kecil setelah disuntik.

 

(Onic Metheany/Binar MP/MA/Dok. Freepik)