Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tingkatkan Nafsu Makan dengan Zinc

Tingkatkan Nafsu Makan dengan Zinc

Ternyata kekurangan mineral zinc (seng) dalam tubuh bisa menyebabkan anak kehilangan nafsu makan. "Kekurangan mineral zinc di dalam tubuh bisa memengaruhi indra pengecap sehingga semua makanan yang masuk akan terasa tidak enak," ujar ahli gizi Dr Saptawati Bardosono, dari Departemen Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.


Dr. Tati, demikian pakar ini akrab disapa, menuturkan bahwa zinc memengaruhi saraf-saraf di lidah yang berfungsi mengirimkan sinyal rasa makanan ke otak. Kalau anak kekurangan zinc, maka saraf-saraf ini tidak bisa berfungsi dengan normal, sehingga rasa makanan yang enak pun tidak bisa diinterpretasikan oleh otak dan ia cenderung tidak mau makan.


Dampak lain yang bisa ditimbulkan jika anak mengalami kekurangan mineral zinc adalah proses pertumbuhan yang terganggu, sistem kekebalan tubuh yang tidak sempurna, serta terganggunya fungsi pencernaan. Hal ini karena zinc memiliki fungsi membantu metabolisme energi, berperan dalam metabolisme vitamin A, protein, dan lemak. Zinc dapat diperoleh dari sumber-sumber makanan seperti, daging, keju, telur, unggas, sayuran hijau, dan makanan laut. (Rosa/SR/Dok.Freedigitalphotos)