Type Keyword(s) to Search
BABY

Kenali Jenis Tanda Lahir Bayi

Kenali Jenis Tanda Lahir Bayi
tanda lahir

Beberapa newborn memiliki tanda lahir yang muncul di kulit. Tanda lahir ini bisa berupa jerawat atau bercak yang dapat menghilang setelah mereka beradaptasi dengan kehidupan di luar rahim. Namun, tentu saja prosesnya akan membutuhkan waktu yang lama. Bagaimana pun bentuk tanda lahir, seringkali menimbulkan ketidaknyamanan saat Si Kecil tumbuh dewasa karena dapat mengganggu penampilan.

 

Tanda lahir memiliki berbagai bentuk dan warna, seperti cokelat, hitam, merah muda, dan lainnya. Berikut jenis tanda lahir yang bisa Anda kenali.

 

1. Strawberry Hemangioma
Ciri khas tanda lahir ini adalah memiliki warna merah terang, teksturnya menonjol sehingga terlihat berbeda dengan bagian kulit di sekitarnya. Itu sebabnya tanda lahir ini disebut strawberry hemangioma. 60% tanda lahir ini ditemukan di bagian leher dan wajah. Strawberry hemangioma timbul karena pembuluh darah vena atau kapiler yang tidak tumbuh sempurna saat pertumbuhan janin. Tanda ini akan terlihat semakin jelas di minggu-minggu pertama setelah kelahiran. Umumnya, tanda lahir ini akan menghilang ketika Si Kecil berusia antara 5-10 tahun. Jika tanda lahir tersebut terlihat tumbuh, berdarah, infeksi, atau mengganggu fungsi tubuh dan indera, Anda perlu mewaspadainya.

 

2. Cavernous Hemangioma
Kemungkinan tanda lahir jenis ini dialami bayi hanya 2 : 1.000.Tanda lahir ini biasanya berukuran lebih besar, letaknya lebih jauh di dalam kulit, dan berwarna biru tua atau muda. Hemangioma jenis ini lebih susah hilang dan memerlukan terapi pengobatan.

 

3. Salmon Patch
Tanda lahir ini berwarna seperti warna kulit ikan salmon, kemerahan, sehingga disebut salmon patches. Tanda ini umumnya muncul di dahi, kelopak mata bagian atas, atau di sekitar mulut. Jika Si Kecil menangis, tanda lahir ini akan terlihat sangat jelas. Tanda lahir Salmon Patch ini akan menghilang saat Si Kecil menginjak usia 2 tahunan.  

 

4. Port Wine Stain
Tanda lahir ini warnanya pink keunguan, terlihat datar di permukaan kulit, dan bisa muncul di daerah tubuh mana pun.  Penyebabnya, karena pembuluh kapiler yang tidak tumbuh sempurna. Warna tanda lahir ini akan berubah secara bertahap tetapi tidak menghilangkan tanda meski usia Si Kecil bertambah. Jika terlihat mengganggu, tanda ini dapat dihilangkan dengan terapi laser.

 

5. Cafe au Lait Spots
Tanda lahir ini memiliki beragam warna. Seperti tanda lahir yang lain, tanda lahir ini bisa muncul di manapun pada daerah tubuh bayi. Namun, tanda lahir ini tidak bisa hilang. Jika tanda lahir ini berukuran besar dan dalam jumlah banyak, Anda bisa melakukan terapi medis untuk anak Anda. 

 

6. Mongolian Spots
Warna tanda lahir memar kebiruan atau keabu-abuan ini biasanya muncul di daerah bokong, punggung bayi, kaki, atau bahunya. Biasanya, tanda lahir ini akan hilang ketika bayi berusia lebih dari setahun.

 

7. Congenital Pigmented Nevi
Tanda lahir ini muncul dengan berbagai variasi warna, dan umumnya juga ditumbuhi rambut. Tanda lahir ini tumbuh dengan berbagai ukuran. Dalam beberapa kasus, tanda lahir Congenital Pigmented Nevi ini perlu diobati karena pertumbuhannya.

 

Tanda lahir tidak dapat dicegah. Tanda lahir juga bukan disebabkan oleh kesalahan selama kehamilan. Dalam beberapa kasus, tanda lahir juga bisa diwariskan. Namun, tidak berhubungan dengan trauma pada kulit saat persalinan. (Aulia/OCH/doc.M&B)