Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Intip Perkembangan Otak Si Kecil Usia 1-2 Tahun

Intip Perkembangan Otak Si Kecil Usia 1-2 Tahun
perkembangan otak 1-2 tahun

Otak adalah bagian tubuh manusia yang sangat kompleks. Organ vital ini merupakan pusat kecerdasan, pengatur indera, inisiator gerak tubuh, dan pengontrol perilaku. Lalu, bagaimana dengan perkembangan otak Si Kecil?

Setiap tingkatan perkembangan adalah buah kesuksesan tingkatan sebelumnya. Istilahnya, belajar merangkaklah dahulu sebelum pandai berjalan. Seperti itulah kondisi kemampuan syaraf  yang akan semakin berkembang di tahun pertama kehidupan Si Kecil. Untuk mengembangkan otaknya, Si Kecil membutuhkan waktu dan energi. Energi itu didapatnya dari proses tidur. Itu sebabnya batita membutuhkan waktu tidur kurang lebih 12 jam per hari.

Sebuah penelitian menemukan bahwa untuk melakukan aktivitas otaknya, seorang  anak berusia kurang dari dua tahun membutuhkan dua kali energi saat orang dewasa melakukannya. Energi terbesar dipakai oleh prefrontal korteks untuk mempelajari logika dan pemikiran jangka panjang. Konsumsi energi yang sangat besar itu berlangsung hingga si kecil berusia 10 tahun. (Sandra/motherandbabypicturelibrary)