ASK THE EXPERT

Ketakutan Terhadap Anak Kedua



Dijawab oleh dr. Widodo Judarwanto, SpA, Spesialis Dokter Anak, RS. Bunda

T: Saya memiliki balita yang sekarang berusia 18 bulan. Sekarang saya sedang hamil 7 bulan hamil anak kedua. Saya takut saya tidak bisa mencintai anak kedua saya seperti sekarang saya mencintai putra saya. Saya takut nanti saya tidak bisa melakukan bonding dengan anak kedua saya.

J: Sebagian ibu mengalami hal yang sama dengan Anda. Cinta Anda yang sedemikian besar terhadap putra Anda membuat Anda hanyut di dalamnya, sehingga Anda tak dapat membayangkan Anda bisa mencintai anak lain sedemikan besarnya. Jangan khawatir, naluri keibuan Anda pasti akan melonjak begitu Anda melihat bayi Anda, dan Anda akan mencintainya sama seperti ketika Anda menyambut anak pertama Anda.

Jangan menyimpan perasaan Anda. Bicarakan kekhawatiran Anda ini dengan pasangan atau dengan dokter Anda. Mereka pasti bisa membantu Anda untuk merasa lebih baik. Membicarakan ini dengan terbuka akan membantu Anda menghilangkan rasa khawatir yang berlebihan. Kalau Anda menyimpannya, malah bisa membuat Anda tertekan dan tidak baik untuk Anda dan untuk semua orang. (M&B)