BUMP TO BIRTH

Ibu Hamil Mengonsumsi Lidah Buaya? Ini Jawabannya!



Sudah bukan rahasia lagi, lidah buaya atau Aloe vera memang banyak khasiatnya! Tak hanya untuk kecantikan, lidah buaya juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Lendir lengket di antara kulit dan daging lidah buaya kaya nutrisi. Kandungan seratnya juga tinggi lho, Moms. Namun di lain sisi, banyak yang bilang lidah buaya tidak aman dikonsumsi, karena tidak dimasak, sehingga berisiko mengandung kuman.

Baca juga: Tak Hanya Melembapkan, Ini Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Lalu, apakah lidah buaya aman jika dikonsumsi saat hamil? Jika aman, apa saja manfaatnya untuk kesehatan bumil dan janin? Nah, untuk menjawab dua pertanyaan besar tersebut, simak penjelasan berikut ini ya, Moms.

Amankah lidah buaya buat ibu hamil?

Walau minuman dengan bahan dasar lidah buaya dikenal banyak manfaatnya untuk kesehatan, minuman ini belum tentu aman untuk ibu hamil. Menurut penelitian yang dimuat di Indian Journal of Dermatology, lidah buaya punya kandungan anthraquinone yang terdapat di bagian lendirnya. Kandungan itu bisa menyebabkan kontraksi pada rahim dan ketidakseimbangan elektrolit.

Dua hal tersebut cukup berbahaya buat bumil dan janin jika mengonsumsi lidah buaya tidak dalam pengawasan dokter. Maka untuk lebih amannya, pastikan Anda telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan lampu hijau dan seberapa banyak boleh makan lidah buaya.

Berapa banyak?

Mengutip Mom Junction, bumil biasanya boleh makan lidah buaya hanya dalam porsi kecil, yaitu sekitar 0,04-0,17 gram lidah buaya yang sudah dikeringkan. "Namun tidak ada data ilmiah untuk anjuran ini," tulis dokter Rebeca Malachi, pakar nutrisi kehamilan dan gaya hidup, pada Mom Junction. Untuk itu, ia menganjurkan agar setiap bumil berkonsultasi dengan dokter kandungan masing-masing, karena kondisi kandungan tiap orang tentunya berbeda-beda.

Manfaat lidah buaya

Bagi Anda yang telah mendapat lampu hijau dari dokter kandungan untuk mengonsumsi lidah buaya, maka berbahagialah, karena lidah buaya enak dan bermanfaat. Beberapa manfaat lidah buaya untuk bumil adalah sebagai berikut:

  • Kaya kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk bumil dan janin
  • Meredakan perut yang sering terasa sebah setelah muntah akibat morning sickness di awal kehamilan
  • Membantu melancarkan saluran darah sehingga menghasilkan sirkulasi darah yang lebih baik. Hal ini juga akan membantu perkembangan kesehatan janin di dalam perut
  • Ketika saluran cerna bumil mengalami peradangan, maka kandungan pencahar alami dalam lidah buaya bisa membantu melancarkan pencernaan.

Risiko konsumsi lidah buaya pada ibu hamil

Tidak semua wanita hamil bisa menikmati lidah buaya, karena lidah buaya juga bisa memberikan dampak negatif untuk kehamilan, seperti:

  • Bisa meningkatkan risiko keguguran, karena kandungan anthraquinone yang bisa menyebabkan kontraksi
  • Mengonsumsi lidah buaya terlalu banyak bisa menyebabkan konstipasi, seperti dampak mengonsumsi pencahar terlalu banyak
  • Menurunkan kandungan elektrolit tubuh, terutama potasium, yang berbahaya bagi janin karena bisa menyebabkan melemahnya otot dan ritme jantung tidak normal
  • Bisa memicu reaksi alergi, jika bumil memiliki riwayat alergi pada tumbuhan keturunan Liliaceae. Gejalanya kulit gatal, bengkak, ruam, dan sesak napas.

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)