TODDLER

Cara Balita Membangkang



Biasanya anak di usia balita sudah melewati tahapan tantrum. Namun, bukan berarti ia juga jadi anak yang patuh. Faktanya, ia sering tidak mengacuhkan Anda saat disuruh merapikan mainannya, tetap mengenakan sepatunya di dalam rumah, atau sengaja bermain bola di dalam rumah meski dilarang.

Anda mungkin berpikir, ada apa sebenarnya? Apakah cara mengajari Si Kecil salah? Atau Si Kecil sengaja memancing emosi? Percaya atau tidak, sebenarnya Anda sudah mengajarinya dengan baik. Kendati demikian, Si Balita memang sedang menguji orang-orang dewasa yang memerintah atau mengharapkan ia melakukan sesuatu. “Pembangkangan yang dilakukan Si Kecil adalah salah satu cara untuk menegaskan dirinya sendiri kepada Anda,” ungkap Susanne Ayers Denham, ahli psikologi dari George Mason University, Virginia, Amerika Serikat.

Dilansir melalui Babycenter, tidak seperti anak-anak yang sudah besar, balita tidak tahu bagaimana mengungkapkan ketidaksukaannya pada Anda saat disuruh melakukan sesuatu. Jadi, ia membangkang dengan bersikap pura-pura tidak mendengar perintah Anda atau merespons perintah Anda dengan sangat lambat. (Sagar/DMO/Dok. M&B)