FAMILY & LIFESTYLE

Tantangan Shahnaz Haque



Setiap ibu memiliki tantangan yang berbeda saat mengasuh anak-anaknya. Begitu juga dengan artis dan presenter, Shahnaz Haque. Ibu dari 3 orang putri ini membagi kisahnya saat mengajarkan anak-anaknya berpuasa.

Menurutnya, mengajarkan anak saat pertama kali berpuasa merupakan salah satu tantangan yang tidak mudah. Ia juga menganggap bahwa mengajarkan anak salat ternyata lebih mudah dibanding mengajarkan anak berpuasa. Hal itu karena menurutnya ada hal yang harus diperhatikan orangtua, yaitu jangan sampai anak merasa tersiksa karena berpuasa, dan salah persepsi terhadap Tuhan.

“Jadi, tantangannya adalah bagaimana saya dan Gilang harus kreatif membuat anak-anak senang dengan datangnya bulan Ramadhan. Setidaknya, mereka menganggap saat bulan puasa datang artinya akan ada banyak hal yang menyenangkan terjadi di rumah,” ungkap istri musisi Gilang Ramadhan itu.

Shahnaz juga mengajak anak-anaknya untuk menghias kamar sebagai tanda menyambut datangnya bulan Ramadhan. “Anak-anak suka permainan. Jadi, saat mendidik berpuasa juga dilakukan sambil bermain. Paling tidak, mereka juga dilibatkan saat sahur dan berbuka puasa bersama, serta mengajarkan mereka berdoa."

Selain membangun momen di bulan puasa pada anak-anak, saudara kandung artis senior Marissa Haque ini juga menekankan makna agar tetap mengendalikan diri saat berpuasa. “Bulan puasa jangan sampai membuat kita menjadi lebih konsumtif. Padahal, makna bulan puasa adalah menyederhanakan dan mendisiplinkan. Jangan sampai makna puasa tidak sampai ke mereka. Tak lupa apresiasi, seperti memuji mereka saat berhasil puasa, tetapi tetap tidak berlebihan,” tutupnya. (Aulia/DT/dok.M&B)