FAMILY & LIFESTYLE

Kaya Antioksidan, Ini 7 Khasiat Mentimun untuk Kesehatan



Mentimun merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Biasanya, mentimun dikonsumsi sebagai lalapan atau teman makan yang bisa menambah nikmat saat makan. Selain itu, mentimun juga kadang dimakan langsung karena rasanya yang menyegarkan.

Mentimun yang termasuk kelompok tanaman Cucurbitaceae dan masih satu keluarga dengan labu, pare, dan melon ini memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya, sehingga cocok dimakan saat cuaca panas untuk mencegah dehidrasi.

Baca juga: 10 Buah Kaya Kadar Air yang Baik untuk Kesehatan

Selain menyegarkan, mentimun juga kaya akan nutrisi lho, Moms. Di dalam buah ini terkandung antioksidan, vitamin C, dan natrium. Anda pun bisa sering mengonsumsinya dengan aman karena mentimun rendah kalori dan rendah lemak.

Khasiat buah ini pun banyak untuk kesehatan, mulai dari perawatan kulit hingga mencegah penyakit berbahaya, seperti diabetes dan jantung. Nah, berikut ini manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh kita, Moms.

1. Mencegah dehidrasi

Sebagian besar mentimun terdiri atas air. Buah ini pun mengandung elektrolit penting yang bisa membantu mencegah dehidrasi atau kondisi tubuh kekurangan cairan saat cuaca sedang panas atau usai berolahraga. Dengan tercukupinya kebutuhan air dalam tubuh, hal ini tentu akan memengaruhi fungsi kerja tubuh hingga sistem metabolisme menjadi lebih baik.

2. Antioksidan

Moms tentu sudah tak asing dengan zat antioksidan yang diketahui mampu mengurangi paparan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Mentimun merupakan salah satu makanan yang memiliki zat tersebut. Dengan rutin mengonsumsi mentimun, tubuh akan lebih kuat dalam melawan zat radikal yang berbahaya dan mencegah kerusakan sel, termasuk penyebab tumbuhnya sel kanker serta penyakit berbahaya lainnya.

3. Mencegah diabetes

Mentimun diketahui bisa membantu menurunkan gula darah dan sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah ini mengandung zat yang bisa menurunkan atau mengontrol gula darah agar tidak melonjak tinggi.

Dengan rutin mengonsumsi mentimun, maka glukosa dalam darah bisa dicegah agar tidak terlalu tinggi. Bahkan menurut studi, buah ini dapat mengatur pelepasan insulin dan metabolisme glikogen hati saat pemrosesan gula darah.

4. Melancarkan pencernaan

Tak hanya kaya cairan, mentimun juga memiliki serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus. Mengonsumsi mentimun secara rutin bisa membuat Anda terhindar dari risiko sembelit. Fungsi kerja sistem pencernaan juga menjadi lebih baik, sehingga proses buang air juga lebih lancar. Tidak hanya itu, The American Heart Association menjelaskan bahwa serat juga membantu mengontrol kolesterol dan mencegah penyakit kardiovaskular.

5. Mengurangi berat badan

Anda yang sedang dalam proses menurunkan berat badan dianjurkan untuk rutin mengonsumsi mentimun. Hal ini dikarenakan mentimun punya kandungan protein dan lemak yang sehat. Kandungan airnya pun bisa membuat Anda merasa cepat kenyang sehingga akan mencegah makan berlebihan.

6. Antiinflamasi

Selain kandungan antioksidan, mentimun juga punya kandungan yang bersifat antiinflamasi untuk mencegah peradangan dan menambah sistem kekebalan tubuh. Kandungan antiinflamasi tersebut juga akan membantu luka lebih cepat kering serta mencegah berbagai penyakit pada jantung dan kondisi seperti autoimun hingga depresi.

7. Untuk kesehatan wajah

Tak hanya untuk tubuh, mentimun juga bisa membantu menjaga kesehatan wajah. Moms bisa memanfaatkannya sebagai perawatan kulit alami yang dibuat sendiri. Anda dapat menjadikannya sebagai masker wajah atau toner. Nantinya, wajah akan terasa segar karena sensasi dingin serta mampu menenangkan kulit. Toner mentimun yang alami ini juga mengandung sifat astringen yang bisa membantu membersihkan pori-pori sehingga wajah akan tampak halus dan jadi lebih bersinar.

Mentimun memiliki banyak jenis yang berbeda-beda. Meskipun begitu, hal ini tidak mengurangi manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Jadi, sudahkah Anda mengonsumsi mentimun hari ini? (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Jcomp/Freepik)