Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Buah Kaya Kadar Air yang Baik untuk Kesehatan

10 Buah Kaya Kadar Air yang Baik untuk Kesehatan

Agar terhindar dari dehidrasi, selain dengan mengonsumsi air yang cukup setiap harinya, Moms juga disarankan mengonsumsi buah yang kaya kadar air. Dari banyaknya jenis buah yang ada, beberapa buah mengandung kadar air yang tinggi dibandingkan buah-buah lainnya.

Nah, berikut ini buah-buah yang bisa Moms konsumsi agar Anda tetap terhidrasi dengan baik, Moms.

1. Jeruk

Jeruk mengandung kadar air hingga 88%. Buah yang kaya vitamin C ini mampu meningkatkan kesehatan kulit. Jumlah serat yang tinggi pada jeruk mampu membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, tingkat kalium yang tinggi pada jeruk juga dapat meningkatkan fungsi jantung.

2. Nanas

Kadar air yang terdapat pada nanas mencapai 87%. Kehadiran serat larut dan tidak larut dalam nanas bisa mengurangi sejumlah masalah pencernaan. Kandungan mangan yang tinggi dalam nanas dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda. Selain itu, buah yang kaya antioksidan dan vitamin C ini dapat mengurangi risiko degenerasi makula (penyakit mata serius yang menyebabkan kehilangan penglihatan).

3. Blewah

Blewah mengandung kadar air hingga 90%. Buah rendah kalori ini bisa menjadi pilihan sehat sebagai makanan penutup dan membantu menurunkan berat badan. Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam buah ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi blewah bisa meyeimbangkan tekanan darah, karena kandungan kalium yang tinggi pada buah ini. Selain itu, beta karoten dalam blewah dapat mengurangi risiko terkena katarak dan membantu meningkatkan penglihatan.

4. Strawberry

Kadar air pada strawberry mencapai 91%. Pigmen di dalam strawberry yang disebut flavonoid dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan vitamin K dan magnesium yang tinggi dalam buah ini dapat meningkatkan kesehatan tulang.

Baca juga: 5 Pilihan Jus Tinggi Protein yang Bisa Dikonsumsi saat Diet

5. Belimbing

Belimbing mengandung kadar air hingga 91%. Buah ini kaya potasium sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung dan menyeimbangkan tekanan darah. Jumlah flavonoid dan antioksidan yang tinggi juga membantu melawan peradangan. Buah ini juga dapat membantu menurunkan berat badan karena kaya serat dan rendah kalori.

6. Semangka

Kadar air dalam semangka mencapai 92%. Semangka menjadi sumber likopen yang kaya, yaitu fitonutrien yang secara efektif mampu melawan sel kanker. Kandungan serat yang tinggi dalam semangka dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Selain itu, buah yang kaya vitamin A ini baik untuk kesehatan rambut dan kulit Anda.

7. Tomat

Tomat mengandung kadar air hingga 94%. Dengan mengonsumsi tomat, Anda bisa mengurangi risiko hipertensi. Kandungan likopen yang tinggi pada tomat dapat mengurangi risiko terkena kanker. Selain itu, dengan mengonsumsi tomat, Moms juga dapat mencegah beberapa masalah kulit yang disebabkan terkena paparan sinar matahari.

8. Persik

Kadar air dalam persik mencapai 88%. Buah ini dipercaya dapat menghilangkan stres. Senyawa biologis yang ada pada persik dapat melawan penyakit kardiovaskular. Buah yang kaya vitamin C dan A ini juga dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda.

9. Jeruk Bali

Jeruk Bali memiliki kadar air hingga 91%. Buah yang kaya kadar kaliumnya ini dapat menyeimbangkan tekanan darah. Antioksidan yang tinggi pada buah ini juga membantu melawan kanker. Selain itu, jeruk Bali yang kaya serat dipercaya dapat melawan sembelit.

10. Mentimun

Mentimun megandung kadar air paling tinggi dibanding buah-buah lainnya, yaitu mencapai 96%. Air mentimun dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh. Flavonoid yang disebut fisetin dalam mentimun dapat meningkatkan kesehatan otak Anda. Selain itu, mentimun juga dipercaya dapat mengurangi risiko batu ginjal. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)