FAMILY & LIFESTYLE

Kaya akan Nutrisi, Ini 8 Manfaat Sawo untuk Kesehatan Tubuh Anda



Orang Indonesia pasti sudah familiar dengan sawo. Salah satu jenis buah tropis ini memang sangat mudah ditemukan dan bisa dikonsumsi langsung. Buah ini juga tak hanya memiliki rasa manis yang alami, tapi juga kaya akan nutrisi dan punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Nutrisi yang ada pada buah sawo antara lain adalah serat, vitamin C, vitamin A, vitamin B, dan folat. Belum lagi sejumlah mineral penting, seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, dan fosfor yang terkandung di dalamnya yang baik untuk tubuh. Nah, ini 8 khasiat buah sawo untuk tubuh kita, Moms.

1. Menurunkan kadar gula tubuh

Sawo mengandung polifenol yang mampu merangsang pengeluaran hormon insulin secara alami. Hormon ini diperlukan tubuh untuk mengangkut gula dari aliran darah ke sel-sel dalam tubuh. Hal ini tentu membantu kadar gula dalam darah menurun. Jadi, tidak heran jika sawo bisa membantu Anda menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

2. Melawan radikal bebas

Seperti disebutkan, sawo mengandung vitamin C yang mampu menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga memiliki sifat antioksidan yang mampu memperkuat sistem imun untuk melawan radikal bebas. Dengan mengonsumsi sawo, risiko terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh yang memicu penyakit seperti kanker juga akan lebih rendah.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Serat sangat dibutuhkan tubuh untuk melancarkan fungsi sistem pencernaan. Dan sawo merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan serat. Nutrisi ini berperan untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan melawan bakteri jahat yang membahayakan pencernaan. Anda pun akan terhindar dari risiko penyakit, seperti sembelit, diare, irritable bowel syndrome, dan masalah pencernaan lainnya.

Baca juga: Buah-buahan yang Baik untuk Melancarkan Buang Air Besar

4. Membantu menurunkan berat badan

Ternyata, kandungan serat pada sawo juga memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal ini tentu bisa membantu Anda menjaga dan menurunkan berat badan. Jumlah kalori dalam tubuh juga bisa lebih terkontrol karena nafsu makan yang menurun. Meskipun begitu, kebutuhan nutrisi tetap bisa terpenuhi dengan baik apabila Anda mengonsumsi sawo dengan porsi yang tidak berlebihan.

5. Meredakan peradangan

Tidak hanya buahnya, daun sawo juga bisa diekstrak dengan manfaat sebagai antiradang dan antipiretik (penurun panas). Hal ini tentu bisa membantu meringankan seandainya kita mengalami peradangan dan demam. Kedua khasiat tersebut juga bisa membantu mengurangi infeksi bakteri dan virus dalam tubuh.

6. Menjaga kesehatan jantung

Sifat antiinflamasi dari kandungan karoten pada sawo juga bisa menjaga kesehatan jantung dan membantu meredakan peradangan, termasuk pada pembuluh darah jantung. Dengan mengonsumsi sawo, risiko terjadinya penyakit jantung koroner juga akan bisa berkurang.

Baca juga: 5 Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung Ibu Hamil

7. Menjaga kesehatan tulang

Sawo juga mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk menjaga kesehatan tulang kita. Seperti diketahui, kedua mineral tersebut bisa memperkuat tulang, sehingga menunda terjadinya osteoporosis atau sendi yang melemah seiring dengan bertambahnya usia.

8. Baik dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui

Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam sawo tentunya baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Salah satu nutrisi yang ada dalam buah tersebut adalah asam folat yang akan bisa mendukung perkembangan janin serta membantu mengatasi morning sickness selama masa kehamilan.

Beragam vitamin dan mineral pada sawo juga akan membantu menjaga kualitas ASI yang baik pada ibu menyusui. Hal ini tentu juga baik untuk tumbuh kembang bayi saat fase pemberian ASI berlangsung. Kandungan vitamin C-nya juga akan membantu penyerapan zat besi, sehingga bumil maupun busui terhindar dari risiko anemia. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Chuanthit/Freepik)