FAMILY & LIFESTYLE

Tidak Hanya Menyegarkan, Ini 10 Manfaat Semangka untuk Kesehatan



Saat cuaca terik dan terasa panas, menikmati sesuatu yang menyegarkan tentu jadi pilihan yang tepat. Anda bisa memilih minuman, dessert, atau buah-buahan segar seperti semangka untuk menyegarkan tubuh. Warnanya yang merah dengan rasa yang manis membuat semangka menjadi favorit Moms dan keluarga di hari yang panas.

Tidak sekadar untuk menyegarkan tubuh, semangka nyatanya juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan Moms dan keluarga. Pasalnya, semangka mengandung vitamin A, B1, B2, B3 dan C, serta senyawa lain yang dibutuhkan tubuh. Simak berbagai manfaat semangka untuk Anda berikut ini.

1. Mencegah dehidrasi

Seperti diketahui, semangka merupakan buah yang tinggi kadar airnya, mencapai 92 persen. Karena itu, mengonsumsi semangka bisa membantu mencegah dehidrasi. Kebutuhan air dalam tubuh akan tercukupi, terutama saat suhu ruangan dan tubuh sedang tinggi. Kondisi kekurangan cairan tubuh memang dapat menyebabkan kerusakan pada organ jika tidak segera diatasi. Karenanya, akan baik jika Anda mengonsumsi semangka segar ataupun yang dijadikan jus ketika haus melanda.

2. Menjaga saluran cerna serta ginjal

Kadar air yang tinggi pada semangka juga membantu melancarkan kinerja saluran cerna. Kandungan serat pada semangka juga bisa melancarkan buang air besar serta mencegah sembelit atau masalah konstipasi lainnya. Masih berkaitan dengan saluran cerna, semangka juga baik dikonsumsi untuk menurunkan risiko batu ginjal.

Di dalam semangka terkandung kalium yang membantu melepaskan endapan racun dalam ginjal hingga mengurangi asam urat dalam darah. Banyaknya kandungan air pada buah ini juga bisa memicu Anda lebih sering buang air kecil. Namun, hal inilah yang akhirnya akan menurunkan risiko pembentukan batu pada organ ginjal.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Kondisi ini bisa dicegah dengan menjaga pola makan, salah satunya dengan mengonsumsi buah segar seperti semangka yang mengandung likopen untuk mencegah kerusakan oksidatif pada kolesterol serta membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Kondisi ini tentu bisa mencegah terjadinya masalah serius pada jantung. Moms juga akan mendapatkan vitamin A, B6, C, magnesium, dan kalium, yang baik untuk menjaga kesehatan jantung jika mengonsumsi semangka sesuai porsinya.

4. Meredakan peradangan

Semangka juga memiliki sifat antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan serta stres oksidatif. Hal ini dipengaruhi oleh adanya kandungan likopen dan berbagai vitamin, seperti vitamin C. Pada semangka juga terdapat antioksidan yang diketahui mampu mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Antioksidan ini juga bisa mengurangi risiko terjadinya Alzheimer serta membantu tubuh menangkal efek radikal bebas.

5. Mencegah asma

Likopen yang terkandung dalam semangka juga berkhasiat meredakan flu sekaligus mencegah asma. Semangka juga membantu penderita asma untuk bisa bernapas dengan baik tanpa harus mengambil napas dalam keadaan panik. Hal ini dikarenakan likopen memiliki efek terapeutik. Kandungan vitamin A pada semangka juga bisa memberikan manfaat baik bagi penderita asma.

6. Membantu meredakan nyeri otot

Moms suka jus semangka? Ternyata minuman ini dapat meningkatkan penyerapan citrulline, asam amino yang membantu mengurangi nyeri pada otot. Hal ini berdasarkan penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry saat memberikan jus semangka kepada sejumlah atlet. Hasilnya, baik jus semangka polos maupun jus semangka yang dicampur dengan citrulline mampu memberikan efek lebih sedikit munculnya nyeri otot. Kedua minuman ini juga dapat memulihkan detak jantung yang lebih cepat saat atlet melakukan olahraga. Penelitian lain pun melihat adanya potensi citrulline yang mampu meningkatkan daya tahan dan kinerja saat olahraga.

7. Menjaga kesehatan mata

Untuk memiliki mata yang sehat, Moms memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A. Buah semangka bisa menjadi pilihan yang tepat, karena di dalamnya terdapat karotenoid. Senyawa ini mencakup alfa karoten dan beta karoten yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Kandungan likopen pada buah ini pun dapat mencegah terjadinya penyakit mata yang mengalami degenerasi makula karena usia dan juga mengurangi inflamasi pada mata.

8. Meningkatkan kesehatan seksual

Manfaat semangka lainnya adalah meningkatkan kesehatan pada organ intim, terutama pada pria. Citrulline, asam amino dalam semangka dapat melemaskan dan melebarkan pembuluh darah, sehingga membantu dalam pengobatan disfungsi ereksi ringan. Buah semangka juga mengandung fitonutrien yang dapat bertindak sebagai viagra alami.

9. Baik untuk kesehatan kulit dan rambut

Moms bisa mendapatkan kondisi kulit dan rambut yang sehat dengan rutin mengonsumsi buah semangka. Buah ini mengandung vitamin C yang penting untuk sintesis kolagen, sehingga kulit akan menjadi kenyal dan akar rambut lebih kuat. Belum lagi adanya vitamin A yang bisa memperbaiki dan menciptakan sel-sel kulit baru, yang membuat kulit lebih cerah. Dijelaskan juga pada penelitian dalam jurnal Molecular Nutrition & Food, likopen dan beta karoten dapat melindungi kulit dari sengatan matahari serta mencegah terjadinya masalah kulit sepert psoriaris dan vitiligo.

10. Meningkatkan kesehatan gusi

Fakta lain dari semangka adalah manfaat dari vitamin C di dalamnya yang mampu menjaga kesehatan kapiler dan gusi. Jadi, risiko gusi berdarah atau gingivitis (radang gusi) juga bisa menurun. Vitamin C juga membantu membunuh bakteri dalam mulut untuk mencegah terjadinya penyakit gusi serta infeksi gusi lainnya.

Jadi, sudahkah Anda mengonsumsi buah semangka segar ataupun yang dijadikan minuman jus hari ini, Moms? (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Rawpixel.com/Freepik)