FAMILY & LIFESTYLE

10 Bahan Makanan Termahal di Dunia, Tertarik Mencobanya?



Anda mungkin tahu kalau saffron dan caviar adalah dua bahan makanan termahal di dunia. Namun, ternyata ada beberapa bahan makanan lainnya yang juga terbilang paling mahal di dunia. Penasaran apa saja bahan makanan yang paling mahal di dunia? Baca daftar lengkapnya dan Anda mungkin akan langsung merasa lebih baik tentang tagihan belanjaan minggu lalu.

1. White Truffle

Berbicara mengenai bahan makanan paling mahal di dunia, kurang lengkap rasanya jika tidak memasukkan white truffle ke dalam daftar ini. Jika black truffle saja sudah terbilang memiliki harga yang fantastis, white truffle mempunyai harga yang jauh lebih fantastis.

Alasan pertama white truffle sangat mahal adalah karena sangat sulit ditemukan dibandingkan bahan makanan lain. White truffle biasanya hanya tumbuh di sekitar akar jenis pohon tertentu.

Untuk sekitar 450 gram white truffle segar, harganya berkisar antara $4.000 hingga $10.000 atau sekitar 62 juta rupiah hingga 156 juta rupiah. Saat ditambahkan ke dalam masakan, white truffle akan memberikan rasa yang unik dan lezat.

2. Daging sapi wagyu

Daging sapi wagyu memiliki harga yang terbilang paling mahal di dunia karena terkenal lebih empuk, lebih lezat dengan rasa yang kuat, dan lebih juicy daripada daging sapi pada umumnya.

Secara khusus, daging sapi wagyu harus berasal dari ras sapi Jepang tertentu, ini termasuk Japanese Black, Japanese Polled, Japanese Brown, dan Japanese Shorthorn, atau campuran dari keturunan tersebut. Rata-rata daging sapi wagyu seberat 450 gram dijual dengan harga $200 atau sekitar 3,1 juta rupiah.

3. Tiram (Oysters)

Tiram tidak selalu dianggap sebagai salah satu bahan makanan paling mahal di dunia. Mengapa? Ini karena dulu tiram sangat melimpah dan harganya sangat murah, sehingga tiram populer di kalangan masyarakat kelas bawah.

Namun, penangkapan tiram yang berlebihan telah mengurangi populasinya secara signifikan. Ditambah, tiram butuh waktu bertahun-tahun untuk tumbuh menjadi ukuran penuh. Kini, tiram sulit didapatkan dan menjadi salah satu makanan mewah. Untuk satu pak berisi 12 tiram biasanya dihargai $50 hingga $100 atau sekitar 750 ribu rupiah hingga 1,5 juta rupiah.

4. Saffron

Saffron sering dijuluki "Red Gold" karena warnanya dan fakta bahwa harganya lebih mahal daripada emas dengan berat yang sama. Alasan utama saffron memiliki harga sangat mahal adalah karena bunga Crocus, yang merupakan asal saffron, hanya bisa dipetik satu minggu dalam setahun di musim gugur, dan memanen rempah-rempah membutuhkan banyak kerja keras. Untuk 450 gram saffron bisa dihargai lebih dari $3.000 atau sekitar 46 juta rupiah.

5. Iberico Ham

Iberico ham adalah salah satu bahan makanan paling mahal di dunia yang berasal dari Spanyol. Daging ini diambil dari kaki belakang babi hitam yang terkenal memiliki kelezatan yang luar biasa, di mana orang-orang rela bepergian ke Spanyol untuk mendapatkannya.

Ada dua alasan Iberico ham berharga sangat mahal. Pertama, Anda hanya bisa mendapatkan kelezatan sejati dari babi hitam khusus di Spanyol. Kedua, Iberico ham perlu diawetkan selama 24 hingga 36 bulan sebelum benar-benar bisa dikonsumsi.

Pada akhir proses pengawetan, Iberico ham bisa bernilai hingga $500 per kilogram atau sekitar 7,8 juta rupiah.

6. Tuna Sirip Biru (Bluefin Tuna)

Tuna sirip biru dari Jepang sering menduduki posisi teratas sebagai makanan laut termahal di dunia. Hanya tuna sirip biru yang memiliki tekstur meaty dan keseimbangan rasa yang sangat lezat dibandingkan jenis ikan tuna lainnya, karena kandungan lemaknya yang lebih tinggi.

Tuna sirip biru dari Jepang seberat 450 gram harganya bisa mencapai $3.000 atau sekitar 46 juta rupiah. Bahkan, pernah ada tuna sirip biru seberat 270 kilogram yang dijual seharga $1,8 juta atau sekitar 28 miliar rupiah.

Selain karena kualitasnya yang juara, populasinya yang sudah semakin sedikit juga membuat tuna sirip biru dijual dengan harga sangat mahal.

7. Caviar

Ya, bukan rahasia lagi jika caviar merupakan salah satu bahan makanan paling mahal di dunia. Caviar telah menjadi makanan mewah selama beberapa dekade terakhir. Satu alasan utama mengapa caviar memiliki harga yang sangat mahal adalah karena ketersediannya yang sangat terbatas. Itu membuat harga caviar per kilogram bisa mencapai 500 juta rupiah.

8. Vanila Madagaskar

Vanila adalah salah satu bahan yang hampir kebanyakan orang pernah menggunakannya, dalam kue kering, sebagai contohnya. Namun, secara khusus, vanila Madagaskar mempunyai harga yang sangat mahal. Vanila Madagaskar memiliki kandungan vanila satu hingga dua persen, itu lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis vanila lainnya. Vanila jenis ini harganya bisa mencapai 9 juta rupiah per setengah kilogram.

Alasan utama vanila Madagaskar memiliki harga yang lebih mahal adalah karena proses pengambilan ekstraknya yang tidak gampang, harus dilakukan dengan tangan dan bunga vanili hanya bisa dipanen satu hari dalam satu tahun. Ditambah lagi, penurunan populasi biji vanili di Madagaskar menjadi alasan lain vanila jenis ini dihargai sangat mahal.

9. Jamur Matsutake

Satu lagi bahan masakan termahal di dunia yang berasal dari Jepang, yaitu jamur Matsutake. Jenis jamur Matsutake memiliki harga yang terbilang cukup mahal ini bisa dijual dengan harga lebih dari 15 juta rupiah untuk setengah kilogram. Jamur Matsutake dikenal memiliki rasa manis dan sedikit pedas.

Alasan harga jamur Matsutake sangat mahal adalah karena kelangkaannya. Petani jamur ini hanya boleh memanen jamur tersebut setahun sekali untuk menghindari kepunahan spesies. Panen tahunan menghasilkan kurang dari 1000 kilogram jamur Matsutake yang dikirim ke seluruh dunia.

10. Emas yang bisa dimakan (Edible Gold)

Biasanya, edible gold atau emas yang bisa dimakan bisa Anda temukan sebagai hiasan es krim atau dessert mewah di restoran kelas atas. Untuk 1 gram emas yang bisa dimakan ini bisa dijual dengan harga 2-2,5 juta rupiah.

Itulah 10 bahan makanan termahal di dunia. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya, Moms? (M&B/Fariza Rahmadinna/TW/Foto: Freepik)