FAMILY & LIFESTYLE

Berenang Membuat Anak Pintar



Hasil penelitian di Melbourne, Australia menunjukkan secara statistis IQ anak-anak yang diajarkan berenang sejak bayi lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang tak diajarkan berenang atau anak diajarkan berenang setelah usia 5 tahun. Tak hanya lebih pintar, pertumbuhan fisik, emosional dan sosialnya pun lebih baik.

Para peneliti mengungkapkan bahwa bayi lebih gampang diajarkan berenang karena mereka sangat menyukai air. Bayi yang baru lahir hingga usia 3 bulan biasanya tidak takut tenggelam, karena mereka masih memiliki refleks melangkah sehingga akan membantunya berenang. Selain itu, berenang juga membantu pertumbuhan motorik anak karena semua otot tubuhnya akan bekerja.

Pada bayi, berenang memang sangat bermanfaat untuk melatih kaki dan tangannya, membantu menguatkan jantung dan paru-paru, serta sistem pernapasannya. Anak yang berenang sejak bayi akan memiliki perkembangan motorik yang lebih baik, karena berenang membuat anggota tubuh bergerak, mulai dari kaki, tangan, hingga kepala. Bayi yang berenang juga memiliki kemampuan berbicara yang lebih cepat. Berenang secara rutin terbukti dapat memengaruhi nafsu makan dan pola tidurnya. (FBS/Aulia/DT/dok.M&B)