ASK THE EXPERT

Nyeri Pasca Bedah

nyeri


Oleh: dr. Yusfa Rasyid, SpOG, Spesialis Kebidanan & Penyakit Kandungan, RSB. YPK


T: Saya baru melahirkan dengan bedah caesar. Saat ini luka jahitan sudah tidak sakit lagi. Akan tetapi bila hendak bangun dari tempat tidur, di bagian atas jahitan sebelah kiri dan kanan, sering terasa ngilu dan sakit. Apa yang menyebabkan demikian? Berapa lama sesudah melahirkan saya boleh beraktivitas seperti biasa, seperti mengangkat barang, naik turun tangga, olahraga?

J: Pada operasi caesar, sayatan operasinya melintang atau sesuai dengan garis celana. Sayatan pada sarung otot juga akan melintang. Pada saat melakukan penjahitan pada tiap lapisan, bagian yang paling kuat bebannya dan paling besar dan kuat benangnya adalah sarung otot ini, karena sarung otot yang menahan supaya organ-organ perut tetap di dalam perut, tidak menekan ke luar. Rasa sakit di kanan dan kiri biasanya timbul akibat simpul benang di kiri-kanan sarung otot yang menggumpal dan belum sepenuhnya diserap oleh jaringan sekitarnya. Juga diakibatkan oleh peregangan otot perut pada saat Anda bergerak.

Ada tidaknya keluhan nyeri ini tergantung pada kehati-hatian dokter yang melakukan operasi, membuat simpul yang tidak besar dan tidak terlalu erat, dengan membuat simpul yang benar-benar hanya sarung otot yang diikat, tidak mengikutkan jaringan lemak atau otot di sekitarnya. Aktivitas secara bertahap sudah dapat dilakukan sehari setelah operasi mulai dari menolong diri sendiri, di tempat tidur dan kamar mandi. Seminggu kemudian luka sudah kering dan Anda dapat melakukan aktivitas yang lebih banyak seperti menolong bayi, melakukan pekerjaan rumah tangga yang ringan. Olah raga dapat dilakukan 2 minggu - 1 bulan setelah operasi. (Dok. M&B)