FAMILY & LIFESTYLE

Tips Bahagia di Tempat Kerja



Adakalanya seorang pekerja mengalami kejenuhan luar biasa terhadap rutinitas pekerjaan yang dilakukannya. Saat ini terjadi, tak banyak orang yang bisa benar-benar menikmati pekerjaannya dan merasa kurang bahagia di dalam kantor.

Menurut survei Ketenagakerjaan di AS, sebanyak 70 persen pekerja di Amerika merasa tidak terkait dan kurang respek terhadap tempat kerja mereka. Selain itu, kebanyakan dari mereka juga mengalami jenuh dan bosan di tempat kerja. Mungkin salah satu dari Anda pun pernah mengalaminya.

Hal tersebut tentu membuat kepuasan dan produktivitas kerja mereka menurun. Namun, Anda tentu tidak bisa terus menerus terjerumus dalam perasaan jenuh ini. Anda bisa memperbaiki mood kerja Anda agar lebih bahagia dan produktif di kantor dengan cara berikut.

1. Rayakan Kemenangan Anda
Jangan lupa untuk membuat penghargaan untuk diri sendiri. Rayakanlah keberhasilan Anda di kantor, meski pencapaian yang kecil sekalipun. Penelitian menunjukkan bahwa, sekecil apa pun keberhasilan atau pencapaian yang pernah Anda lakukan dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri untuk mencapai tujuan Anda yang lebih besar. Misalnya, ketika Anda berhasil melakukan presentasi di kantor dengan baik atau setelah menyelesaikan sebuah pekerjaan sesuai deadline, rayakan kemenangan kecil Anda ini dengan cara sederhana yang membuat Anda bahagia.

2. Pengaruh Positif Bagi Lingkungan
Dengan mengakui kemenangan Anda seperti di poin 1, Anda berarti telah menghargai diri sendiri. Ini berarti membuat Anda sadar bahwa Anda punya potensi dan akan terdorong untuk bisa mengukir prestasi lebih besar, serta membawa dampak positif. Tindakan ini juga akan membantu membangun kekuatan Anda, dan berpikir lebih positif setiap harinya. Pikiran positif Anda tentu akan membawa dampak yang positif pula terhadap lingkungan kerja Anda.

3. Ingat Tujuan Anda
Jika Anda merasa tidak terikat atau mulai kurang respek dengan pekerjaan Anda, coba ingat-ingat kembali apa tujuan Anda saat pertama kali melamar pekerjaan, dan pastikan Anda bekerja untuk tujuan tersebut. Dengan begitu, Anda akan lebih mampu untuk membuat pilihan yang tepat, serta menemukan kembali tujuan dan kepuasan Anda dalam pekerjaan.

4. Meminta Saran
Ketika Anda mulai merasa tak respek dalam pekerjaan Anda, mintalah masukan dari rekan atau atasan Anda. Minta saran dari rekan yang Anda percaya atau atasan tentang apa yang bisa Anda lakukan dan bagaimana cara memperbaikinya. Masukan ini bisa menjadi inspirasi untuk terus maju.

5. Istirahat
Jangan biarkan diri Anda terjebak dalam tugas-tugas dan rutinitas di tempat kerja yang membuat Anda kehilangan mood. Luangkan waktu sejenak untuk menenangkan diri. Sempatkan waktu untuk berjalan-jalan selama beberapa menit setiap jam. Membebaskan pikiran Anda dari beban dapat membantu Anda fokus untuk menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan. (Aulia/DT/dok.M&B)