FAMILY & LIFESTYLE

Pengobatan Kanker Payudara



Didiagnosis mengidap kanker memang suatu hal yang menakutkan bagi setiap orang. Namun, jangan lantas berputus asa dan terus berkubang dalam kesedihan. Tetaplah tenang dan fokus untuk memahami jenis kanker yang Anda derita lalu bekerja sama dengan tim kesehatan mempersiapkan langkah selanjutnya, yaitu memilih pengobatan apa yang terbaik untuk melawan penyakit Anda. Jika Anda terkena kanker payudara, ada beberapa pengobatan potensial yang bisa dilakukan.

1. Terapi Lokal. Terapi ini merupakan terapi untuk tumor-tumor yang telah menyebar di salah satu bagian tubuh Anda. Ada 2 proses yang bisa dilakukan, yang pertama adalah bedah, seperti lumpektomi atau mastektomi, dan yang kedua dengan terapi radiasi.

2. Terapi Sistemik. Terapi sistemik diberikan secara oral ataupun langsung ke dalam darah. Ada 3 jenis terapi dalam terapi sistemik ini, yaitu terapi hormonal, terapi target, dan kemoterapi. Terapi hormonal juga biasa disebut dengan terapi endokrin. Terapi ini akan menambah, menghambat, atau menghilangkan hormon untuk membantu memperlambat hingga menghentikan pertumbuhan kanker-kanker tertentu. Pengobatan kemoterapi dapat diberikan bersama dengan terapi hormonal. (Sagar/Dok. Freedigitalphotos)