FAMILY & LIFESTYLE

Amankah Vegetarian saat Hamil?



Meski sedang hamil, ada beberapa wanita yang tetap memilih menjadi vegetarian. Apakah pilihan untuk tetap menjadi vegetarian selama hamil adalah pilihan yang aman? Menurut Dr. Drs. Susianto, MKM, ahli gizi sekaligus presiden Indonesia Vegetarian Society (IVS), diet vegan atau jenis vegetarian lain yang direncanakan dengan baik, sebenarnya bisa dilakukan semua kelompok umur, termasuk ibu hamil. Artinya, ibu hamil boleh menjalani diet vegan, asalkan terencana dengan baik.

Jika ibu hamil vegetarian, tambahan energi bisa didapatkan dengan mengonsumsi camilan sehat, seperti ubi jalar, singkong, talas, dan kue tradisional. Selain itu, Anda bisa mendapatkan sumber protein dari kacang-kacangan dan produk olahannya, yaitu susu kedelai, tempe, dan tahu.

Sementara itu, sumber asam folat yang sangat penting untuk ibu hamil bisa didapat dari makanan, seperti sayuran berwarna hijau tua, biji-bijian utuh, seperti nasi, pasta, roti, sereal, jagung, dan barley. Yang terpenting, ibu hamil yang vegetarian juga perlu konsultasi yang rutin dengan dokter kandungan agar nutrisi kehamilan tetap terpantau. (MF/Aulia/DC/Dok. M&B)