ASK THE EXPERT

Mainan Pendukung Tumbuh-Kembang Anak



Masa golden ageatau 1.000 hari pertama merupakan masa yang paling penting dalam tumbuh-kembang Si Kecil. Setiap perkembangan yang dialaminya menjadi momen yang harus Anda perhatikan. Semua perkembangan emosional, sosial, intelektual, dan moral pun harus dirangsang secara seimbang. Untuk itu, dibutuhkan media yang tepat agar kemampuan anak dapat berkembang optimal. Bermain merupakan salah satu kegiatan belajar yang menyenangkan bagi anak. Ketika anak merasa senang, perkembangan mereka pun menjadi optimal.

“Dengan bermain, fungsi pancaindra anak dapat terangsang dengan baik. Selain itu, sistem saraf, kecerdasan, dan emosionalnya juga akan terstimulasi. Anak pun jadi lebih mudah untuk mengenal lingkungan sekitarnya,” ujar dr. Markus Danusantoso, Sp.A, saat ditemui dalam media gatheringbersama Early Learning Center (ELC) di Grand Indonesia West Mall, Rabu (7/10).

Dalam memilih mainan, Anda tidak boleh sembarangan. Anda harus memilih mainan yang tidak berbahaya dan terbuat dari bahan yang aman. Pilih pula mainan yang sesuai dengan usia dan perkembangan yang sedang dialami anak. Ingat! Mainan yang diberikan juga harus menyenangkan dan memiliki nilai belajar.


Pada saat anak bermain, pastikan selalu ada pendamping yang menemaninya. Ia perlu diajak berinteraksi, sehingga ada komunikasi yang terbentuk. “Fungsi pendamping bukan hanya untuk memantau kegiatan anak, tetapi harus bisa ikut bermain bersamanya. Saat bermain bersama, akan terbentuk interaksi yang dapat meningkatkan kemampuan sosial pada diri Si Kecil,” jelas dr. Markus. (Deonisia/DC/Dok. M&B)