FAMILY & LIFESTYLE

Peran Penting Nutrisi untuk Pertumbuhan Anak



Nutrisi merupakan salah satu aspek penting yang dibutuhkan bagi tumbuh-kembang anak. Menurut dr. Dian Novita Chandra, M.Gizi, staf akademik Departemen Ilmu Gizi FKUI, pemberian nutrisi yang optimal dapat mendukung perkembangan otak anak dan harus dimulai sejak dalam kandungan hingga ia lahir.

“Tumbuh-kembang Si Kecil terjadi dengan sangat pesat di usia 0-5 tahun. Selama pertumbuhan ini, penting untuk ibu melengkapi zat gizi yang optimal, terutama asam folat untuk perkembangan otaknya,” ungkap dr. Dian dalam konferensi pers Grow Them Great Bebelac, beberapa waktu lalu.

Selain perkembangan otak, pemberian nutrisi juga berperan penting terhadap ketahanan atau sistem kekebalan tubuh Si Kecil. Jika zat gizinya terpenuhi secara lengkap dan diserap dengan baik oleh tubuhnya, sistem imunnya pun akan semakin kuat. Dengan begitu, ia tidak akan mudah terserang penyakit dan kesehatannya pun terjaga.

“Protein, asam lemak, omega-3, vitamin, dan mineral merupakan beberapa nutrisi yang perlu dipenuhi untuk perkembangan otak, serta fisik anak. Sumber nutrisi tersebut bisa didapatkan dari berbagai sumber, seperti telur, gandum, beras merah, ikan, sayuran berwarna, buah, dan susu,” jelas dr. Dian.

Orangtua juga harus bisa mencontohkan pola makan yang sehat kepada Si Kecil. Misalnya, jika Anda ingin ia makan sayur, Anda pun harus mencontohkannya terlebih dahulu. Ingat! Anak cenderung lebih mudah belajar dengan melihat contoh. (Aulia/DC/Dok. M&B)