TODDLER

4 Cara Mengelola Emosi Anak



Setiap anak memiliki kecerdasan emosi yang berbeda. Anda sebagai orangtua, sebaiknya mampu mengetahui kapan Si Kecil marah, menangis, ngambek, dan mengerti cara mengatasinya. Beberapa orangtua menganggap bahwa anak yang sering menangis, marah, dan ngambek merupakan hal yang biasa. Padahal sebaiknya, Anda pun harus menghargai setiap emosi Si Kecil dan tidak memarahinya ketika ia menunjukkan emosi tersebut.

Tim dari Leader Lab Indonesia mengatakan bahwa ada beberapa tips agar orang tua dapat mengajarkan Si Kecil mengelola emosinya, saat talk show M&B Fair 2016.

a. Orangtua harus mengenal emosi Si Kecil sejak dini, agar ia bisa mengekspresikan diri atau memberi tahu emosinya dengan tepat. Misalnya saat Si Kecil marah, katakan kepadanya “Sayang kenapa kamu marah? Jadi kalau marah kayak gini?” Jadi Si Kecil mengetahui emosinya sedang marah, sedih, kecewa, dan sebagainya sejak dini.

b. Bicarakan emosi secara terbuka, tanyakan apa yang membuatnya marah.

c. Sebagai orangtua, contohkan emosi dengan tepat. Hindari marah dengan pasangan di depan Si Kecil agar ia tidak meniru perilaku tersebut.

d. Harus sabar menghadapi emosi Si Kecil. Mengenalkan dan mengelola emosi Si Kecil memang butuh kesabaran dan butuh waktu yang lama, maka bersabarlah.

(Seva/OCH/Dok. M&B)