BABY

Kenali 5 Tanda Bayi Tumbuh Normal dan Sehat



Moms, tentunya ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat menjadi orangtua baru. Salah satunya adalah mengetahui tanda Si Kecil bertumbuh dengan sehat dan normal. Mungkin Anda pernah mendapatkan informasi bahwa bayi sehat dan normal terlihat dari perilaku, penampilan dan emosinya. Tapi, benarkah semua itu bisa dijadikan tolak ukur? Nah, untuk mengetahuinya, yuk perhatikan tanda-tanda bayi yang tumbuh normal berikut ini!

1) Bayi Merasa Tenang dengan Sentuhan dan Suara Anda.

Ketika merasa tidak nyaman, bayi akan menangis. Ketika ia merasakan sentuhan dan suara ibunya, tangisan Si Kecil akan reda. Ini bisa menjadi indikator ia tumbuh dengan normal.

2) Anda Mengganti 8-10 Popok Tiap Hari dan Berat Badan Bayi Bertambah.

Popok yang basah dan bertambahnya berat badan bayi dapat menjadi indikator ia lancar mengonsumsi ASI. Baik itu diberikan dengan menyusui ataupun dengan cara pumping.

3) Bereaksi terhadap Suara dan Berusaha Mencari Sumbernya.

Bayi sudah bisa mendegar sejak lahir, namun telinganya baru benar-benar bereaksi terhadap suara di sekitarnya setelah beberapa minggu. Suara musik yang berasal dari mainan ataupun radio akan menarik perhatian bayi. Apabila ia merasa penasaran dan mencari sumber suara tersebut, ini berarti telinganya dalam keadaan normal.

4) Memerhatikan Pola, Warna dan Gerakan

Kemampuan melihat bayi semakin berkembang seiring pertambahan usianya. Di usia 2 bulan, umumnya bayi akan melihat pola, warna cerah dan benda berputar seperti kipas angin. Apabila Si Kecil memerhatikan benda-benda berpola, berwarna dan bergerak maka berarti matanya dalam kondisi baik.i

5) Bayi Tersenyum dan Tertawa Cekikikan

Coba perhatikan perkembangan bayi setiap bulan. Apabila di usia 1 bulan sudah mampu melakukan kontak mata dengan Anda, di usia 2 atau 3 bulan sudah bisa tersenyum dan usia 4 bulan tertawa, berart perkembangannya sudah dalam jalur yang benar. (Meiskhe/HH/dok.)