Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Trik agar Anak Terampil Pakai Baju Sendiri

Trik agar Anak Terampil Pakai Baju Sendiri

Biasanya, saat Si Kecil menginjak usia 2 tahun, ia mulai gemar melakukan apa pun sendiri dan tidak ingin dibantu, termasuk memakai baju dan celana sendiri.

 

Jika anak Anda melakukan hal tersebut, tidak usah langsung dibantu, Moms. Pada usia ini, kemampuan motorik dan kognitif Si Kecil sudah mulai berkembang dan berpakaian sendiri akan menjadi latihan yang menantang untuknya.

 

Kemampuan memakai baju sendiri dapat meningkatkan kepercayaan diri, kemandirian, dan kebanggaan pada balita. Latihan ini akan membuatnya terbiasa melakukan kegiatan untuk menolong diri sendiri dan tidak tergantung pada orang lain.

 

Meskipun begitu, keterampilan ini butuh pembiasaan. Karena itu, Moms jangan pernah bosan mengajak Si Kecil latihan. Anak yang sudah mencoba berpakaian sendiri di usia dua tahun biasanya akan sudah mahir berpakaian menjelang usia tiga tahun.

 

Untuk membantu Si Kecil agar ia terampil memakai baju sendiri, ini trik yang perlu Moms lakukan:

1. Ajak Si Kecil memilih baju favoritnya agar ia lebih semangat belajar memakai baju sendiri. Beri tahu perbedaan posisi depan dan belakang baju kepadanya. Arahkan untuk mendekatkan bagian bawah baju agar ia lebih mudah memasukkan kepalanya ke dalam lubang leher.

2. Masukkan tangan ke dalam lubang lengan secara bergantian. Anda bisa membantu Si Kecil menemukan lubang lengan jika ia terlihat kesulitan.

3. Setelah selesai, ingatkan ia untuk merapikan bajunya dengan seksama.

4. Jika Si Kecil memakai baju berkancing, minta ia untuk memegang kancing dan lubang dengan kedua tangan. Arahkan untuk mendorong kancing ke dalam lubang. Aktivitas ini baik untuk melatih kesabarannya, Moms.

 

Adapun untuk membantu Si Kecil terampil memakai celana sendiri, ini triknya:

1. Untuk memudahkan memakai celana, minta Si Kecil duduk di lantai. Arahkan ia untuk memasukkan kaki ke lubang celana satu per satu.

2. Tekuk kaki dan minta ia menarik celananya hingga lutut.

3. Minta Si Kecil berdiri sambil memegang bagian atas celana. Lalu tarik celana hingga ke pinggang. Hal ini juga bisa dilakukan sambil bersandar ke dinding.

 

Manfaat Belajar Memakai Baju Sendiri

Brett Waddell, ahli terapi okupasi anak asal Australia, menjelaskan bahwa belajar memakai baju dan celana sendiri akan membantu Si Kecil mengembangkan kemampuan dirinya, seperti:

1. Meningkatkan kemampuan motorik saat mencoba memasang kancing atau ritsleting.

2. Mengasah kecerdasan otak dan fokus dalam menyelesaikan sesuatu.

3. Mengembangkan kemampuan bahasa dengan menyebutkan warna pakaian dan ukurannya.

4. Menumbuhkan kesadaran untuk menyesuaikan waktu dan tempat. (M&B/SW/Dok. Freepik)