Type Keyword(s) to Search
BABY

Cara Mudah Membersihkan Lidah Bayi dan Manfaatnya

Cara Mudah Membersihkan Lidah Bayi dan Manfaatnya

Walaupun belum punya gigi dan masih ASI eksklusif, kebersihan mulut bayi tetap harus dijaga, Moms. Karena itu, sangat penting untuk rutin membersihkan lidah bayi setiap kali ia habis menyusu, baik menyusu langsung maupun menyusu lewat botol.

Bagaimana jika bayi menolak dibersihkan? Awalnya mungkin Si Kecil merasa risih jika lidahnya dibersihkan, tapi Moms harus membiasakannya sejak dini, agar perlahan tapi pasti ia terbiasa dengan ritual menjaga kebersihan mulutnya. Berikut ini cara mudah membersihkan lidah bayi yang bisa Anda lakukan dan manfaat membersihkan mulut Si Kecil, Moms.

Baca juga: Lidah Bayi Putih? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara membersihkan lidah bayi

1. Pada bayi baru lahir, Moms bisa menggunakan kasa yang dibalutkan ke jari Anda. Moms juga bisa menggunakan sikat gigi jari, yang dipakai untuk menutupi telunjuk Anda. Pastikan sikat gigi jari ini cukup lembut buat Si Kecil ya, Moms.

2. Pastikan tangan dan jari Anda sudah benar-benar bersih sebelum membersihkan lidah bayi.

3. Sebelum mulai membersihkan, Moms sebaiknya melembutkan kasa atau sikat gigi jari dengan air hangat terlebih dahulu.

4. Baringkan bayi dalam posisi yang nyaman, Anda juga bisa mengajaknya ngobrol terlebih dahulu agar ia makin nyaman.

5. Begitu jari Anda menyentuh lidah bayi, sikat lidah bayi secara lembut dengan pola memutar.

6. Setelah membersihkan lidah, pijat lembut gusi dan gigi Si Kecil. Setelah itu Moms bisa memijat lembut pipinya juga.

7. Lakukan ini sekali sehari.

Baca juga: Bayi Sering Menjulurkan Lidah, Normalkah? Ketahui 8 Penyebabnya

Manfaat membersihkan mulut bayi

Ada sejumlah manfaat yang bisa didapat dengan rutin membersihkan mulut Si Kecil, Moms, antara lain:

1. Mengajarkan kebersihan sejak dini

Jika sejak baru lahir bayi Anda sudah dibiasakan rutin membersihkan mulut, maka ia akan tumbuh menjadi anak yang peduli akan kebersihan mulut dan gigi. Anda tentunya tidak mau kan, Si Kecil kelak malas menyikat gigi? Nah, untuk mencegah kemungkinan buruk tersebut, Moms perlu membiasakannya sejak dini.

2. Membasmi bakteri di mulut

Walaupun hanya minum ASI, bukan berarti tidak akan terjadi penumpukan bakteri di mulut bayi. Bakteri tidak mengenal usia! Untuk itu, rutin membersihkan lidah bayi bermanfaat dalam membasmi penumpukan bakteri di mulut Si Kecil.

3. Membantu pertumbuhan gigi

Ketika bayi sudah mulai memasuki fase tumbuh gigi, maka membersihkan lidah dan gusinya juga bisa membantu melancarkan proses tumbuh gigi yang membuatnya nyeri lho, Moms. Berikan pijatan lembut di gusi yang sedang tumbuh gigi. Si Kecil pasti suka!

4. Membantu bayi mengenal rasa

Jika kotoran di lidah bayi terus dibiarkan menumpuk, tentu lidahnya jadi lebih sulit mengenali berbagai rasa yang Moms berikan. Karena itu, membersihkan lidah sama saja dengan membersihkan palet rasa, sehingga bayi lebih mudah mengenali aneka rasa. Lidah yang bersih tentu akan membuat bayi lebih peka dengan rasa makanan ketika ia sudah mulai MPASI. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)