Type Keyword(s) to Search
BABY

Lidah Bayi Putih? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Lidah Bayi Putih? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Moms mungkin pernah melihat Si Kecil sedang menguap atau membuka mulutnya setelah menyusu. Namun saat diperhatikan, Anda melihat adanya lapisan putih di lidah bayi yang tidak biasa. Hmm, apa itu, ya?

Kondisi ini sebenarnya wajar terjadi, tapi bisa menjadi gejala bayi Anda terpapar jamur di area mulutnya. Untuk itu, Anda harus bisa membedakan kondisi yang ia alami dan waktu yang tepat untuk memeriksakannya ke dokter.

Penyebab lidah putih pada bayi

Kemunculan lapisan putih di lidah bayi umumnya terjadi setelah ia menyusu. Hal ini sangat wajar, terutama pada bayi baru lahir dan bukanlah sesuatu yang berbahaya. Lidah putih bisa membuat Si Kecil merasa tak nyaman hingga tidak nafsu makan (menyusu) serta lebih rewel. Kondisi tersebut juga akan menghilang dengan sendirinya.

Namun, bayi mengalami lidah putih bisa juga dikarenakan adanya jamur Candida albicans di area mulutnya. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuhnya masih belum berkembang sempurna, sehingga membuat tubuh belum mampu melawan infeksi akibat adanya jamur tersebut.

Jamur ini bisa muncul di peralatan bayi yang kurang steril (dot atau teether). Selain itu, jika Moms sedang mengonsumsi antibiotik, maka hal ini juga bisa menjadi faktor terjadinya infeksi tersebut. Ini dikarenakan antibiotik tak hanya mematikan bakteri jahat, tapi juga bakteri baik.

Ketika Anda mengonsumsi antibiotik, maka tubuh juga akan terpengaruh dengan mengurangi kadar bakteri. Hal ini pun berefek pada bayi ketika ia menyusu, di mana bakteri baik khususnya di area mulut juga ikut mati dan membuat daya tahan tubuhnya jadi menurun, sehingga lebih mudah terinfeksi.

Kondisi yang juga dikenal dengan oral thrush ini tidak berbahaya dan mudah diobati. Biasanya, akan muncul bercak putih yang terlihat di bagian lain dari mulut Si Kecil. Lapisan ini mungkin tampak seperti dadih yang sulit untuk dibersihkan.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Lidah Bayi dan Manfaatnya

Perasaan tak nyaman saat menyusu pun bisa timbul, hingga membuat bayi berhenti dan melepaskan isapan dari payudara Anda karena merasa sakit akibat kondisi ini. Maka, tak jarang ia juga akan lebih rewel dan nafsu makannya pun berkurang.

Cara mengatasinya

Untuk mencegah munculnya lidah putih pada bayi tentu bisa dilakukan sedini mungkin, di antaranya adalah dengan mensterilkan dot, botol, serta perlengkapan menyusu lainnya. Kemudian, pastikan juga mainan dan teether yang biasa dipakai Si Kecil harus steril dan bebas dari kuman atau bakteri apa pun.

Selain itu, rawat juga area payudara Anda, Moms, terutama selama masa menyusui. Pasalnya, jika tidak dirawat dengan baik dan tepat bisa menimbulkan jamur yang nantinya menyerang bayi tanpa disadari. Pastikan juga untuk membersihkan lidah serta mulut Si Kecil setelah menyusu menggunakan kasa atau lap bersih.

Namun, apabila infeksi berlangsung dan makin parah, Anda perlu membawa Si Kecil ke dokter. Nantinya, ia akan diberikan dua obat sebagai antijamur, yang perlu dioles serta diteteskan ke area lidah dan mulut bayi untuk mengobati kondisi tersebut. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)