Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Tips Mengatasi Kelilipan pada Balita

Tips Mengatasi Kelilipan pada Balita

Kelilipan adalah hal yang paling sering kita alami saat beraktivitas di luar ruangan, terutama saat angin datang menerpa dan membawa benda-benda sangat kecil yang bisa masuk ke mata kita, misalnya debu. Efek yang dialami pun bisa beragam, mulai dari mata merah, rasa tidak nyaman pada mata, hingga nyeri.

Bila Anda kelilipan, mungkin yang Anda lakukan adalah berkedip dan mencari cara agar benda itu keluar dari mata Anda dengan cepat ya, Moms. Namun, bagaimana bila balita yang mengalami kelilipan saat ia tengah beraktivitas? Ia mungkin saja akan merasa panik dan bingung mengatasinya.

Saat balita kelilipan, Moms biasanya dengan spontan akan meminta Si Kecil untuk membuka matanya, lalu meniup matanya agar benda asing yang masuk ke dalam matanya bisa segera hilang. Padahal cara tersebut kurang efektif untuk mengeluarkan benda asing yang bersarang di mata Si Kecil lho, Moms.

Mengatasi kelilipan pada balita

Lantas bagaimana menangani kelilipan pada balita? Berikut ini tips yang bisa Moms lakukan saat anak kelilipan.

1. Cegah Si Kecil menggosok-gosokkan matanya karena hal tersebut justru bisa menyebabkan iritasi di selaput atau kelopak mata, apalagi jika tangannya ternyata kotor.

2. Tempelkan cotton bud atau kapas bersih yang sudah dibasahi air matang di ujung mata anak Anda guna mengangkat debu dari matanya. Lakukan dari bagian mata sebelah dalam ke arah luar ya, Moms. Jangan lupa, Anda juga mesti mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh area mata Si Kecil.

3. Anda juga bisa membasuh mata Si Kecil dengan air bersih. Sebagai alternatif, Moms bisa taruh air hangat ke dalam mangkuk atau wadah dan minta anak memasukkan matanya ke dalam air sambil mengedipkannya. Hal ini bertujuan agar benda yang masuk bisa keluar dari mata. Mengeluarkan benda asing di dalam mata juga bisa dilakukan dengan cara membuka bagian bawah kelopak mata secara perlahan dan lembut.

4. Teteskan obat mata pada mata yang kelilipan dan biarkan partikel debu keluar secara alami. Pilih obat mata yang sesuai dengan usia Si Kecil ya, Moms.

5. Pantau terus keadaannya. Jika iritasi mata Si Kecil kian memburuk, sebaiknya Anda segera bawa anak menemui dokter.

Baca juga: Waspadai Mata Minus pada Anak, Ini Penyebab dan Cara mengatasinya

Bila mata anak kelilipan atau tepercik bahan kimia

1. Tahan mata yang terpapar bahan kimia dan biarkan terbuka.

2. Bilas mata dengan air mengalir dari pojok dalam ke arah luar dengan jarak 10 cm secara hati-hati.

3. Tutup kedua mata dengan kasa steril untuk melindungi dan mengurangi potensi pergerakan yang membahayakan.

4. Bila tidak juga membaik, segera hubungi rumah sakit terdekat.

Bila mata anak bengkak

1. Gunakan kompres dingin pada mata, tapi jangan ditekan.

2. Apabila mata berdarah, terjadi gangguan penglihatan, atau mata terlalu sakit untuk digerakkan, segera bawa Si Kecil untuk menemui dokter.

Baca juga: 7 Penyebab Mata Bengkak pada Anak Balita dan Cara Mengatasinya

(M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)