Type Keyword(s) to Search
TODDLER

5 Makanan Pencegah Tantrum pada Anak

5 Makanan Pencegah Tantrum pada Anak

Makanan yang kaya nutrisi untuk Si Kecil? Wah, ini pasti jadi prioritas semua ibu di dunia, ya. Namun ternyata, Moms sebaiknya tidak asal dalam memberikan makanan untuk anak, walaupun makanan tersebut dinilai kaya nutrisi. Anda perlu mengetahui makanan apa yang bisa memberikan dampak positif untuk anak, agar ia bisa lebih mudah konsentrasi dan tenang.

Jika makanan yang diberikan tidak tepat, maka mood dan konsentrasi anak bisa terganggu, hingga terjadilah tantrum. Nah, untuk mencegah kemungkinan tersebut, ketahui beberapa jenis makanan yang ternyata efektif mencegah tantrum pada anak berikut ini, Moms.

Baca juga: 10 Kalimat yang Bisa Tenangkan Anak saat Marah atau Tantrum

1. Bubur gandum

Semangkuk bubur gandum atau makanan lain yang berbahan dasar gandum bisa menjadi menu sarapan yang sangat baik untuk anak. "Gandum melepaskan energi untuk anak secara perlahan dan berangsung-angsur, maka tingkat energi anak tidak akan langsung meroket setelah mengonsumsinya, yang bisa membuat anak mudah lapar, bad mood, dan rentan tantrum," jelas Lowri Turner, seorang dokter ahli gizi.

2. Salmon

Tak hanya enak dan mudah dibuat, salmon dan ikan-ikan berminyak lainnya sangat baik untuk membantu menjaga sikap anak. Salmon, makerel, sarden, dan ikan berminyak lainnya kaya asam lemak omega-3, termasuk DHA.

"Ini membantu signal elektrik pada otak anak agar lebih mudah melepaskan sel untuk satu sama lain, sehingga meningkatkan fungsi otak dan konsentrasi anak," ujar Saidee Bailey, pakar gizi asal Inggris. Dengan begitu, anak Anda akan menjadi lebih tenang, lebih fokus, dan tentunya terhindar dari tantrum, Moms.

3. Telur

Begitu banyak menu kreatif yang bisa Anda buat dari telur. Tak heran kalau telur selalu menjadi menu andalan para Moms yang punya anak picky eater. "Telur kaya tyrosine, yang digunakan untuk membuat dopamin kimia otak. Fungsinya sangat banyak, salah satunya untuk menciptakan motivasi. Inilah yang membuat balita Anda bangkit lagi ketika ia gagal," ujar Lowri. Wah, kalau begitu, Si Kecil pasti juga tidak akan mudah tantrum ya, Moms.

4. Daging ayam atau kalkun

"Unggas adalah sumber tryptophan, zat asam amino yang dibutuhkan untuk membuat hormon bahagia: serotonin. Zat ini akan membantu anak selalu dalam mood yang baik dan mengurangi risiko tantrum," jelas Lowri.

5. Bayam

Mungkin inilah salah satu jenis sayuran yang rasanya enak dan tidak terlalu berbau pahit khas sayuran hijau. Berita baiknya, bayam tak hanya enak diolah menjadi aneka jenis masakan, tapi juga bisa berfungsi untuk mencegah anak tantrum. "Bayam dan kale kaya zinc dan magnesium, dua jenis mineral yang sangat penting untuk perkembangan otak. Bayam juga kaya vitamin B, yang berkaitan erat dengan zat pembangkit mood," jelas Saidee. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)