Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Merawat Mulut Si Kecil

Merawat Mulut Si Kecil

Merawat kesehatan mulut Si Kecil, bukan hanya membersihkan gigi, perhatikan juga lidah dan gusinya. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk Si Kecil?

 

Gigi

  1. Membersihkan gigi Si Kecil dua kali sehari, gunakan kain lembab untuk bayi usia 0-6 atau jika ia belum tumbuh gigi.
  2. Saat gigi geraham bayi tumbuh, Anda bisa mulai menggunakan sikat gigi yang kecil dengan bulu sikat yang lembut dan berbahan nilon.
  3. Berikan air putih setelah minum susu, terutama jika Si Kecil minum susu formula.
  4. Sebaiknya, ajak Si Kecil ke dokter gigi enam bulan semenjak gigi pertamanya muncul.

 

Gusi

  1. Sebenarnya jika Anda menyikat gigi Si Kecil dengan gerakan yang benar dan perlahan, itu sama dengan artinya Anda melakukan perawatan berupa pijatan pada gusinya. Cara menggosok gigi yang benar adalah,
  2. Sikat mulai dari bagian merah ke putih (dari gusi ke gigi) untuk bagian penampang gigi depan dan samping. Arahnya tidak boleh bolak-balik karena khawatir bisa melukai gusi, selain itu kotoran juga tidak akan keluar dari gigi.
  3. Kalau agak sulit melakukannya pada Si Kecil, lakukan gerakan memutar searah jarum jam.
  4. Untuk menyikat permukaan gigi geraham, lakukan gerakan horizintal satu arah dari dalam ke luar.

 

Lidah
Jangan lupakan lidah, sama halnya dengan gigi lidah pun perlu dibersihkan secara teratur. Cara membersihkan lidah sebenarnya lebih mudah dibanding menggosok gigi, tapi mungkin Anda akan menemukan kesulitan membujuk Si Kecil membersihkan lidahnya. Kalau gigi susunya sudah tumbuh, supaya ia merasa ‘enak’ dan nyaman gunakan sedikit pasta gigi khusus anak yang memiliki rasa buah favoritnya. Tidak perlu gunakan alat pembersih lidah khusus, Anda bisa cukup menggunakan sikat gigi Si Kecil. Cara membersihkannya tarik sikat gigi pada permukaan lidah searah dari bagian dalam ke luar. (Karina/SR/Dok.Freedigitalphotos)