Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Hobi Olahraga Lari? Ini Manfaatnya untuk Tubuh Anda

Hobi Olahraga Lari? Ini Manfaatnya untuk Tubuh Anda

Moms, apakah Anda hobi olahraga lari atau jogging? Ya, jenis olahraga yang satu ini termasuk salah satu olahraga yang bukan hanya murah, tetapi juga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Cukup punya waktu luang sekitar 20-30 menit, pakai sepatu jogging Anda, dan mulailah berlari mengitari kompleks rumah. Simpel, kan?

Anda juga tidak perlu repot-repot menyiapkan berbagai macam perlengkapan olahraga lari. Tinggal kenakan sepatu lari yang sesuai dengan ukuran kaki untuk menghindari cedera. Berlari pun bisa dilakukan di mana saja asalkan lintasan dalam keadaan aman.

Meskipun lari termasuk olahraga yang murah, sederhana, dan gampang dilakukan, olahraga ini ternyata punya segudang manfaat buat kesehatan tubuh jika dilakukan secara rutin lho, Moms. Beberapa manfaat lari untuk tubuh, antara lain adalah memperlancar aliran darah, sehingga akan meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Di samping itu, lari juga bisa memicu pengeluaran hormon dan enzim yang merangsang jantung dan otot bekerja lebih baik. Selain manfaat tersebut, ada sejumlah fakta manfaat lainnya dari melakukan olahraga lari untuk Anda, seperti dikutip dari Times of India, yakni:

1. Kekuatan otot jantung lebih maksimal

Dengan berolahraga lari atau jogging, ventrikel jantung yang memompa darah akan jadi lebih tebal dan mengalami peningkatan ukuran sekitar 20 persen. Efeknya, kekuatan pemompaan darah di dalam tubuh Anda akan jadi lebih baik dan Anda pun akan merasa lebih bugar.

2. Menjaga kadar kolesterol dan membantu memperbaiki kadar gula darah

Jogging akan mengurangi kolesterol LDL dan trigliserida, sekaligus meningkatkan kolesterol HDL. Jogging juga bisa meningkatkan toleransi glukosa tubuh. Pasien diabetes dianjurkan untuk melakukan jogging secara rutin buat mengontrol kadar gula darah.

3. Penuaan berjalan lebih lambat

Normalnya, keadaan tubuh akan menyesuaikan diri terhadap penuaan sebesar 10-15 persen dalam jangka waktu 10 tahun. Namun, bagi Anda yang rutin lari, penyesuaian tubuh terhadap penuaan akan berjalan lebih lambat, hanya 5 persen dalam 10 tahun. Alhasil, Anda pun akan terlihat awet muda dibandingkan usia Anda, Moms. Hmm, sangat menarik, bukan?

4. Lebih bahagia

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap para pelari (terutama maraton), diketahui bahwa mereka memiliki tingkat rasa cemas, stres, dan depresi yang rendah. Tak hanya itu, para pelari juga diketahui memiliki tingkat konsentrasi yang lebih baik.

Jadi, yuk, siapkan sepatu jogging Anda dan mulailah berlari, Moms! Biar lebih bersemangat, ajak juga pasangan Anda dan Si Kecil lari bersama. Pasti seru! (M&B/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle