Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

9 Cara Mencukur Rambut Vagina dengan Benar dan Aman

9 Cara Mencukur Rambut Vagina dengan Benar dan Aman

Bicara soal mencukur rambut vagina memang sangat personal. Ada yang lebih suka mencukur habis rambut kemaluan dengan cara waxing, tapi banyak juga yang lebih suka memotongnya agar sekadar lebih pendek. Ada yang lebih suka memotong rambut kemaluan setiap hari, tapi ada juga yang membiarkannya begitu saja. Bagaimana dengan Anda sendiri, Moms?

Bagaimanapun preferensi Anda, tidak ada yang salah, karena menurut organisasi Center for Young Women's Health, ternyata mencukur habis rambut vagina pun tidak ada kelebihannya buat kesehatan.

Namun, jika Anda ingin mencukur vagina, Anda harus melakukannya dengan aman dan tepat ya, Moms. Jangan sampai vagina jadi tergores, mengalami iritasi, atau bahkan terjadi infeksi kulit. Lalu, bagaimana cara mencukur rambut vagina yang aman? Baca penjelasannya berikut ini!

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Vagina Usai Berhubungan Intim

1. Siapkan kaca

Untuk memastikan Anda mencukur bulu kemaluan dengan tepat, pastikan Moms sudah menyediakan kaca tangan atau hand mirror agar Anda bisa melihat dengan jelas area yang akan dicukur.

2. Potong sebelum cukur

Sebelum mencukur dengan pisau cukur, sebaiknya potong dulu bulu kemaluan dengan gunting tajam yang sudah disterilkan. Potong sependek dan sebanyak mungkin, agar proses mencukur dengan pisau cukur semakin mudah dan bersih.

3. Berendam dengan air hangat

Untuk melembutkan kulit dan rambut kemaluan, Anda bisa berendam dengan air hangat sebentar sebelum mencukur area vagina. Tidak perlu lama-lama, berendam 5-10 menit saja juga sudah cukup kok, Moms.

4. Oleskan krim cukur

Pilih krim cukur, shaving cream, shaving gel, atau semacamnya yang sudah diformulasikan khusus untuk wanita. Sekarang produk semacam ini sudah banyak dan mudah ditemukan di berbagai toko kecantikan maupun online shop kok, Moms.

5. Gunakan pisau cukur baru

Untuk mencegah iritasi dan infeksi, pastikan pisau cukur Anda selalu baru dan higienis ya, Moms. Menggunakan pisau cukur yang lama atau berulang-ulang bisa menimbulkan rasa perih dan gatal, lho.

6. Eksekusi yang tepat

Saat mulai mencukur, gunakan satu tangan untuk merenggangkan kulit, dan satu tangan lainnya untuk mencukur rambut vagina. Jangan terlalu menekannya karena bisa menyebabkan kulit tergores.

7. Cukur searah tumbuhnya rambut

Jangan asal mencukur rambut vagina, karena Moms harus mencukurnya searah tumbuhnya rambut. Terkesan sepele, tapi penting banget, karena cara ini mencegah timbuhnya in grown hair atau rambut baru tumbuh ke arah dalam. Gatal dan jadi enggak rapi lho, Moms.

Baca juga: 8 Penyebab Vagina Menghitam dan Cara Tepat Mengatasinya

8. Bilas dengan air hangat

Setelah mencukur bersih, kini waktunya Moms bilas area vagina dengan air hangat, karena setelah dicukur vagina akan jadi lebih sensitif dan mudah iritasi.

9. Oleskan aloe vera

Jika tidak ada aloe vera, Anda bisa oleskan dengan baby oil. Fungsinya untuk mendinginkan kulit yang memerah setelah dicukur dan mencegah iritasi. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)