Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Cara Mengatasi Masalah Kuku Cantengan pada Anak

Cara Mengatasi Masalah Kuku Cantengan pada Anak

Kuku cantengan merupakan kondisi kuku yang tumbuh ke dalam kulit, hingga menimbulkan rasa sakit, kemerahan di pinggir kulit area kuku, dan bengkak. Masalah ini umumnya terjadi di jari kaki, tapi bisa juga muncul di jari tangan.

Kuku cantengan tak hanya dialami orang dewasa, tapi juga anak-anak. Penyebabnya bisa karena kuku Si Kecil yang dipotong terlalu pendek, kebersihan kuku yang kurang sempurna, atau juga karena penggunaan alas kaki yang terlalu sempit.

Tak hanya itu, kebiasaan menggigit kuku karena tegang atau stres yang dirasakan Si Kecil juga bisa menimbulkan masalah kuku cantengan, lho. Untuk itu, jika anak Anda menderita kuku cantengan, segera tangani kondisi tersebut dengan cara berikut ini, Moms!

Baca juga: Yuk, Cek Warna Kuku Anda dan Ketahui Artinya buat Kesehatan Tubuh!

1. Merendam kuku

Rasa sakit dan bengkak karena kuku cantengan bisa mereda dengan merendam kuku Si Kecil dengan air sabun selama 10 menit. Anda juga bisa melakukannya dengan air hangat yang dicampur garam dengan durasi waktu yang sama. Lakukan hal ini 2-3 kali sehari hingga cantengan hilang.

2. Memakai alas kaki yang nyaman

Sebagai pencegahan dan cara mengatasi kuku cantengan, usahakan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman buat anak Anda. Jangan terlalu ketat apalagi kekecilan, baik untuk sepatu, kaus kaki, ataupun sandal. Saat di rumah saja, Moms boleh membiarkan Si Kecil bertelanjang kaki saat beraktivitas.

3. Memberi obat pereda nyeri

Sakit dan nyeri yang dirasakan anak saat kuku cantengan tentu bisa diatasi dengan pemberian obat. Untuk yang berbahan alami, Moms bisa siapkan campuran parutan jahe dan minyak kelapa, atau parutan bawang putih yang dicampur minyak kelapa, lalu dibalurkan ke kuku yang mengalami cantengan.

Selain itu, pemberian essential oil juga bisa dilakukan, meski tetap harus ditambahkan minyak zaitun murni agar tak menyebabkan iritasi lebih lanjut. Memberikan obat telan juga menjadi cara lain, tapi tidak boleh dilakukan sembarangan dan perlu dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Alami dan Mudah Mengobati Masalah Jamur pada Kuku

4. Tindakan bedah

Apabila kuku cantengan yang dialami Si Kecil sudah cukup parah, hingga keluar nanah, misalnya, biasanya dokter akan memberikan krim antibiotik. Namun, jika kondisinya tak kunjung membaik hingga satu minggu, maka akan dipertimbangkan penanganan dengan tindakan bedah agar infeksi dari kuku cantengan bisa disembuhkan.

5. Ganti kebiasaan

Meski bukan perkara mudah, ada baiknya kebiasaan menggigit kuku pada balita harus dikurangi. Jika Si Kecil mulai tegang atau stres, Anda bisa membantu menghilangkannya, misalnya dengan meniup ujung ibu jarinya atau menggoyangkan tangannya hingga rasa tertekannya pun bisa berkurang. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)