Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cara Alami dan Mudah Mengobati Masalah Jamur pada Kuku

Cara Alami dan Mudah Mengobati Masalah Jamur pada Kuku

Meski terkesan sepele, sangat penting untuk Moms menjaga kebersihan area kuku. Sebab, kuku tangan maupun kaki rentan terkena bakteri dan jamur.

Salah satu kondisi tersebut adalah onikomikosis, yaitu saat kuku terinfeksi jenis jamur tertentu yang bisa menimbulkan bau tak sedap. Gangguan ini ditandai dengan munculnya bintik putih atau kuning pada ujung kuku, kemudian akan membuat kuku berubah warna, menebal, dan ujungnya menjadi rapuh.

Kasus jamur kuku sendiri bisa dialami siapa saja, terutama orang dewasa dan lansia. Jenis jamur dermatofita jadi yang paling sering ditemui sebagai penyebab kondisi ini.

Berikut ini beberapa bahan di rumah yang bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi jamur kuku. Jika Moms atau anggota keluarga lain mengalami masalah jamur kuku, gunakan bahan ini sebagai pertolongan utama.

1. Bawang putih

Moms pasti selalu sedia bawang putih untuk menambah cita rasa masakan. Namun, bawang putih juga mengandung senyawa allicin dan ajoene yang berkhasiat sebagai antijamur untuk mengatasi jamur kuku.

Potong sebagian kecil bawang putih, kemudian haluskan dan campur dengan cuka putih. Baluri di bagian kuku yang terinfeksi dan tutup dengan perban selama minimal 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan ulangi sampai jamur kuku perlahan menghilang.

Baca juga: 13 Kondisi Kuku Kaki yang Bisa Menandakan Penyakit

2. Baking soda

Baking soda memang bisa dipakai untuk banyak hal, termasuk sebagai pertolongan pertama mengatasi jamur kuku. Pada saat kondisi ini terjadi, area kuku tangan ataupun kaki menjadi lebih lembap dan basah.

Baking soda bisa mengeringkan kondisi tersebut serta menetralkan bau kaki yang tidak sedap. Anda cukup mencampur baking soda dengan sedikit air sampai bertekstur seperti pasta. Kemudian, oleskan pada kuku yang terinfeksi selama 10 menit dan bersihkan dengan air hangat setelahnya.

3. Minyak zaitun

Ternyata, minyak zaitun mengandung bahan yang bersifat antijamur dan antimikroba. Karena itu, Moms bisa memanfaatkannya sebagai obat alami untuk mengatasi jamur kuku. Anda cukup oleskan minyak zaitun ke kuku tangan ataupun kaki yang terinfeksi jamur dan diamkan selama beberapa saat. Setelahnya, bilas dengan air bersih dan lakukan secara rutin sampai kuku kembali sehat.

minyak zaitun sebagai obat alami jamur kuku

4. Tepung jagung

Tepung jagung atau maizena biasanya digunakan untuk mengentalkan kuah sebuah hidangan. Namun ternyata, tepung jagung juga bisa membunuh jamur penyebab infeksi pada kuku Anda.

Caranya, campurkan secangkir tepung jagung dan 2 liter air ke dalam ember. Diamkan dahulu selama satu jam, lalu masukkan kaki atau tangan Anda yang terkena jamur kuku selama 30 menit atau lebih. Selain mengobati infeksi, sifat antijamur di dalamnya akan menghilangkan bercak-bercak akibat pertumbuhan jamur di kuku.

5. Cuka apel

Cuka apel bisa berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit dan membantu mencegah penyebaran jamur di sekitar kulit serta kuku. Tak hanya itu, cuka apel juga bisa membunuh bakteri dan jamur penyebab infeksi.

Anda bisa mencampurkan cuka apel dan air hangat dengan perbandingan 1:2 ke dalam baskom besar. Kemudian, rendam kaki selama 20 menit setiap hari. Pastikan untuk mengeringkan kaki sampai betul-betul kering agar tidak bertambah lembap dan masalah jamur kuku cepat teratasi.

Baca juga: Sederhana Namun Penting, Ini Manfaat Rutin Memotong Kuku

6. Tea tree oil

Obat alami yang juga bisa Moms pakai untuk mengobati jamur kuku adalah tea tree oil. Minyak esensial ini mengandung bahan antijamur dan antiseptik yang berguna untuk melawan infeksi dan membersihkan jamur pada kuku.

Untuk menggunakannya, Moms bisa tuangkan beberapa tetes tea tree oil dan oleskan ke bagian kuku yang infeksi. Diamkan selama 10 menit sampai minyak meresap ke area kuku dan kulit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan hal ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

merawat kuku untuk mencegah jamur kuku

Rutin potong kuku juga bisa menjadi cara untuk merawat kebersihan kuku dan mencegah terjadinya infeksi akibat jamur. Setelah memotong kuku, area yang terkena infeksi juga bisa "bernapas". Dengan begitu, obat oles bisa meresap lebih baik dan masalah jamur kuku akan teratasi.

Jika kondisi jamur kuku tak kunjung membaik, segera periksakan ke dokter. Untuk penanganannya, Anda akan diberikan obat antijamur yang diminum (oral) maupun dioleskan langsung ke kuku (topikal). Pengobatannya bisa berlangsung selama 6-12 minggu sesuai anjuran dokter. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)