Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Yuk, Cek Warna Kuku Anda dan Ketahui Artinya buat Kesehatan Tubuh!

Yuk, Cek Warna Kuku Anda dan Ketahui Artinya buat Kesehatan Tubuh!

Tahukah Moms kalau warna kuku bisa menjadi penanda kesehatan tubuh Anda? Ya, kuku tidak hanya soal kuat dan tebal, tetapi warna, tekstur, dan bentuk juga perlu diperhatikan karena menyimpan misteri yang sering diabaikan.

Penyakit yang bisa dideteksi dari kesehatan kuku cukup banyak lho, Moms, ada gangguan hati, paru, jantung, dan bahkan malnutrisi pun bisa tampak dari kuku Anda. Penasaran apa arti warna kuku Anda pada kesehatan? Let’s reveal!

1. Kuku putih

Memiliki kuku putih bersih memang terlihat bagus ya, Moms? Tetapi ada jenis kuku putih yang perlu diwaspadai, yaitu lempeng kuku (nail plate) putih dengan ujung yang agak gelap. Mengutip WebMD, kuku seperti ini bisa mengindikasikan masalah kesehatan di area hati, seperti hepatitis. Kuku putih ini juga biasanya terlihat pucat, rapuh, tipis, dan mudah patah.

2. Kuku kuning

Bukan karena sakit kuning (jaundice), penyebab paling umum kuku berwarna kuning adalah infeksi jamur. WebMD menyebutkan, jika infeksi ini bertambah parah maka bantalan kuku atau nail bed (bagian dalam yang letaknya persis di bawah lempeng kuku atau nail plate), bisa menebal dan mudah robek atau patah. Dalam kasus yang lebih langka, kuku kuning juga bisa mengindikasikan masalah kesehatan yang lebih serius, seperti gangguan tiroid akut, masalah jantung, diabetes, atau psoriasis.

3. Kuku biru

Warna biru pada kuku terjadi karena tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen, sehingga muncul warna kebiruan (biasanya tidak hanya pada kuku, tetapi bisa juga di seluruh tubuh, khususnya area wajah dan bibir). Jika ini terjadi, maka umumnya kuku biru bisa mengindikasikan masalah jantung, seperti emfisema (kerusakan pada jaringan paru yang membuat penderitanya bernapas pendek dan kerap kesulitan bernapas). Selain itu, kuku kebiruan juga sering berkaitan dengan masalah jantung.

4. Kuku pucat

Warnanya masih sama seperti kuku pada umumnya, hanya saja kuku terlihat sangat pucat dan tidak bercahaya. Umumnya kuku sehat terlihat agak merah muda, karena area bantalan kuku ada aliran darah kapiler dalam kulit. Sedangkan pada kuku pucat, warna pink ini tidak begitu terlihat. Menurut WebMD, warna kuku pucat bisa menjadi indikasi anemia, gagal jantung kongenital (bawaan lahir), gangguan hati, dan malnutrisi.

5. Kuku merah

Sebenarnya bukan kukunya yang merah, hanya saja kulit di area sekitar kuku berwarna merah dan bengkak. Jika ini terjadi pada kuku Anda, maka Anda sedang mengalami inflamasi di area lipatan kuku atau nail fold.

Penyakit yang sering menyebabkan inflamasi lipatan kuku adalah lupus atau systemic lupus erythematosus (SLE) dan penyakit lain yang berhubungan dengan gangguan sel konektif. Radang paronychia (lebih dikenal dengan istilah cantengan) juga bisa membuat area lipatan kuku menjadi merah.

6. Kuku bergaris hitam

Jika Moms melihat ada garis hitam di tengah kuku (bisa semua kuku, bisa hanya beberapa kuku), maka Anda perlu ekstra waspada. Jangan ragu untuk memeriksakan kesehatan ke dokter karena kuku bergaris hitam ini bisa mengindikasikan melanoma, suatu jenis kanker kulit yang berbahaya.

7. Kuku cokelat kemerahan

Bantalan kuku berwarna cokelat kemerahan disertai kuku tipis dan mudah patah? Selain mengganggu estetika, kondisi seperti ini harus diwaspadai karena bisa menjadi tanda awal psoriasis dan inflamasi arthritis. Terjadi diskolorasi pada kuku Anda, sehingga kuku terlihat kecokelatan karena mengikuti warna bantalan kuku.

8. Kuku kering

Ini sering dianggap sepele, terutama pada pria, yang menganggap kesehatan kuku hanya untuk wanita. Padahal, kuku kering, rapuh, mudah mengelupas, atau bahkan mudah patah merupakan tanda yang berkaitan dengan gangguan tiroid, lho. Kondisi ini juga kerap ditambah dengan masalah kuku kekuningan, yang artinya terjadi pula infeksi jamur.

Karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan kuku dan memperhatikan warnanya yang ternyata bisa mengindikasikan kesehatan Anda. Jadi, jangan sepelekan warna kuku dan jangan ragu untuk rutin cek kesehatan ke dokter ya, Moms.

Baca juga: 13 Kondisi Kuku Kaki yang Bisa Menandakan Penyakit

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Devmaryna/Freepik)