Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

7 Makanan Agar Tubuh Langsing Usai Melahirkan

7 Makanan Agar Tubuh Langsing Usai Melahirkan

Kehamilan dan persalinan adalah momen yang sangat istimewa bagi seorang wanita, termasuk Anda kan, Moms? Meskipun begitu, setelah melahirkan, tak sedikit wanita yang ingin segera mengembalikan berat atau bentuk tubuh seperti sebelum hamil atau bahkan lebih langsing lagi.

Namun, diet ketat bukanlah solusi yang tepat. Alih-alih langsing, hal tersebut justru bisa menyebabkan masalah kesehatan buat Anda. Terlebih lagi bila Anda masih menyusui bayi Anda, mengurangi asupan makanan secara ekstrem bisa memengaruhi kualitas ASI Anda, Moms. Akan tetapi, tak perlu khawatir karena M&B telah merangkum beberapa makanan yang bisa membantu mengembalikan bentuk tubuh Anda langsing setelah melahirkan.

Baca juga: 14 Makanan yang Perlu Dihindari oleh Ibu Menyusui

1. Kol

Sayuran ini mengandung sedikit kalori, kaya protein, dan tinggi serat, sehingga akan membantu Anda dalam proses pengembalian bentuk tubuh. Tambahkan sayur kol dalam menu harian Anda untuk mendapatkan nutrisi optimal sembari menjaga bentuk tubuh. Selain kol, Anda juga bisa menyantap beberapa sayuran yang tergolong cruciferous vegetables lain, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis brussel untuk mendapatkan manfaat serupa dengan kol.

2. Lemon dan madu

Lemon dan madu bisa menjadi ramuan alami yang membantu tubuh Anda kembali langsing seperti semula. Menurut National Honey Board, madu tidak mengandung lemak, kolesterol, dan sodium. Sedangkan lemon merupakan buah yang kaya vitamin C dan antioksidan. Campurkan lemon dan beberapa tetes madu dengan air hangat, lalu minum 3 hingga 5 kali sehari, Moms. Ramuan ini dipercaya mampu membantu mengatasi selulit serta menjaga metabolisme tubuh, karena bisa membersihkan usus dari racun dan sisa-sisa makanan.

3. Ikan

Ikan, seperti salmon dan tuna, bisa memenuhi kebutuhan protein dan lemak Anda secara efektif. Salmon terbukti mengandung cukup yodium dan membantu fungsi tiroid Anda, sehingga mampu menjaga metabolisme tubuh tetap lancar, sedangkan tuna mengandung banyak nutrisi dan rendah kalori, sehingga tepat untuk menjaga bentuk tubuh.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau memang terkenal sebagai makanan yang perlu dikonsumsi untuk mengurangi berat badan. Hal ini tidak lain karena sayuran hijau rendah kalori, kaya nutrisi, serta tinggi vitamin dan mineral. Berbagai zat gizi ini bisa membantu memelihara kesehatan pencernaan dan metabolisme Anda, Moms. Sayuran seperti kale, bayam, selada, dan bok choy membantu Anda tetap kenyang bergizi.

5. Telur

Bisa dibilang, telur merupakan salah satu makanan yang hampir sempurna. Kaya protein yang membangun tubuh, telur mampu membantu proses penyembuhan tubuh Anda setelah melahirkan. Kulit dan otot di perut Anda akan mengendur setelah melahirkan, dan protein dalam telur bisa membantu proses perbaikan dan pengembalian tubuh ke kondisi semula. Selain itu, telur juga rendah kalori, rendah lemak jenuh, tapi kaya vitamin D dan mineral.

6. Gandum

Makanan yang dibuat dari gandum sangat tepat untuk Anda yang ingin segera mengembalikan bentuk tubuh. Mengandung banyak serat, gandum akan menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda sembari mencegah kenaikan berat badan. Tak hanya itu, gandum kaya asam folat yang baik bagi produksi ASI. Ganti roti tawar susu menjadi roti gandum, sereal yang biasa menjadi sereal gandum, konsumsi oatmeal, dan sebagainya.

Baca juga: 10 Makanan yang Harus Dihindari saat Memberikan MPASI pada Bayi

7. Berry

Sebenarnya, mengonsumsi buah apa pun bisa membantu proses pengembalian bentuk tubuh seperti semula. Dibandingkan dalam bentuk jus, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi buah dalam bentuk utuh sehingga serat dan vitamin bisa optimal diserap tubuh. Walaupun begitu, mengonsumsi berry bisa  menjaga tubuh lebih optimal karena mengandung gula sederhana dan tinggi serat.

Yang perlu Moms perhatikan, imbangi konsumsi makanan-makanan di atas dengan pola makan sehat dan olahraga teratur. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter perihal pola makan sehat yang sesuai dengan Anda. Selamat mencoba, Moms! (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)